Teror Tawon Vespa Juga Merebak di Kudus, 2 Bocah Tersengat

Akrom Hazami - detikNews
Jumat, 22 Nov 2019 14:47 WIB
Petugas mengevakuasi sarang tawon Vespa affinis di Kudus, Jumat (22/11/2019). (Akrom Hazami/detikcom)
Kudus - Bukan hanya di Klaten, teror tawon Vespa affinis ternyata juga merebak di Kabupaten Kudus. Dilaporkan dua bocah tersengat tawon yang oleh warga lokal kerap menyebutnya dengan nama tawon ndhas itu.

Peristiwa tersebut terjadi di Desa Pasuruhan Lor, RT 2 RW 1, Kecamatan Jati. Kedua bocah mengalami luka bengkak di bagian kepala dan harus dilarikan ke rumah sakit. Beruntung, keduanya bisa tertangani oleh tim medis.

"Ada dua anak kecil diserang di bagian sini (menunjuk kepala belakang)," kata warga setempat, Noor Yanto (40), saat ditemui di rumahnya, Jumat (22/11/2019).


Tawon Vespa yang menyerang dua bocah itu bersarang di atap rumah Yanto. Ia pun melaporkan ke unit pemadam kebakaran untuk membantu mengevakuasi sarang yang ukurannya berdiameter sekitar 60 sentimeter tersebut.

"Pastinya sejak kapan (ada sarang tawon), saya kurang tahu ya. Mungkin sudah lama. Saat saya mengecat atas (genting) itu, nggak tahu kalau ada tawonnya," ujar Yanto.

"Sejak satu bulan lalu, ada anak-anak melempar batu, dan kena. Anak-anak berteriak kalau di sini ada tawon. Dan kami baru mengetahui. Ukurannya sarang sangat besar, 40 cm atau 60 cm diameternya itu," imbuhnya.

Yanto pun melaporkan ke RT dan diteruskan ke BPBD. Hingga akhirnya hari ini unit pemadam kebakaran melakukan penanganan sarang. Dan menurut informasi yang diterimanya, sarang tawon serupa juga ada di RW 5, Desa Pasuruhan Lor. Namun sarang tawon di RW 5 itu sudah ditangani lebih dulu.
Selanjutnya
Halaman
1 2