Lagi, 2 Warga Jadi Korban Sengatan Tawon Vespa di Klaten

Achmad Syauqi - detikNews
Jumat, 22 Nov 2019 14:00 WIB
Gambar tawon Vespa affinis saat sosialisasi di RSPD Klaten, Jumat (22/11/2019). (Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten - Teror tawon Vespa affinis di Kabupaten Klaten terus berlanjut. Dua warga dari Kecamatan Wedi dilarikan ke RSUD Bagas Waras akibat sengatan tawon ndas itu.

Masuknya dua warga ke RSUD tersebut dibenarkan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Klaten Anggit Budiarto.

"Ada dua dari Kecamatan Wedi dan langsung diobservasi. Saat ini hanya satu yang masih dirawat inap," jelas Anggit, Jumat (22/11/2019).


Anggit mengatakan dua warga itu disengat pada hari Rabu (20/11/2019) sore dan langsung dibawa ke RSUD. Keduanya diobservasi tim RSUD selama 1x24 jam.

Dari observasi, hanya satu yang masih dirawat intensif. Pasien tersebut atas nama Nur Fahrudin (46), warga Desa Pesu, Kecamatan Wedi. Meskipun dirawat inap, kondisinya kini disebut berangsur membaik. Sedangkan satu pasien sudah diizinkan pulang.

"Dalam penatalaksanaan tawon tidak bisa main-main. Jika hanya satu sengatan, minimal dengan observasi 24 jam dan jika lebih dari satu sengatan minimal 2x24 jam," imbuh Anggit.
Selanjutnya
Halaman
1 2