Waspada! Ada 3 Juta Meter Kubik Material di Puncak Merapi

Waspada! Ada 3 Juta Meter Kubik Material di Puncak Merapi

Achmad Syauqi - detikNews
Rabu, 20 Nov 2019 16:14 WIB
Foto: Achmad Syauqi/detikcom
Foto: Achmad Syauqi/detikcom
Klaten - Potensi material Gunung Merapi yang bisa terbawa aliran lahar hujan pada musim hujan tahun ini masih cukup besar. Sebanyak 3 juta meter kubik material bisa mengalir ke hulu-hulu sungai di bawahnya.

Perekayasa ahli madya seksi Gunung Merapi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Dewi Sri mengatakan potensi material masih cukup besar. Namun untuk menjadi lahar hujan harus ada syaratnya.

"Yang akan menjadi potensi material lahar hujan masih antara 2-3 juta meter kubik. Tapi tentu tidak akan turun semua," jelas Dewi usai memberi pelatihan tanggap bencana di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Klaten, Rabu (20/11/2019).

Pelatihan diikuti unsur perangkat desa, relawan, tokoh masyarakat dan BPBD Pemkab Klaten.

Dewi menjelaskan, material yang terbentuk dari kubah lava baru tahun lalu sekitar 400.000 meter kubik. Namun material baru itu tidak seberapa jumlahnya sebab material lama sisa letusan 2010 dan sebelumnya juga masih banyak.

Jumlahnya totalnya antara 2-3 juta meter kubik dan bisa terbawa aliran air hujan. Namun untuk memperkirakan ada atau tidaknya lahar hujan, BPPTKG akan menunggu informasi BMKG. Terutama berkaitan informasi tentang curah hujannya. Apakah curah hujan normal ataukah nantinya di atas normal.
Selanjutnya
Halaman
1 2