Kawasan Pesisir Semarang 'Tenggelam' 10 Cm Per Tahun

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Rabu, 20 Nov 2019 14:30 WIB
Permukaan tanah di pesisir Kota Semarang mengalami penurunan hingga 10 cm per tahun, Rabu (20/11/2019). Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom

Perekayasa Utama Geologi, Sugalang, menambahkan bahwa beberapa daerah di Jawa Tengah juga mengalami penurunan tanah. Antara lain Kota Pekalongan dan Kendal.

Menurut Galang, di Pekalongan sudah dilakukan antisipasi oleh masyarakat setempat dengan tanggul tambah yang artinya tanggul akan ditambah jika air laut yang masuk makin tinggi.

"Memang parah, ada yang tadinya tanaman padi, permukiman, sekarang jadi laut. Mereka sudah ada usaha dengan tanggul tambah. Untuk Kendal hanya sebagian yang sebelah barat tanjung, sisi timur tanjungnya ikut Kota Semarang," kata Galang.


Kawasan Pesisir Semarang 'Tenggelam' 10 Cm Per TahunPermukaan tanah di pesisir Kota Semarang mengalami penurunan hingga 10 cm per tahun, Rabu (20/11/2019). Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom


Dalam acara tersebut, Badan Geologi juga memberikan Atlas Peta Sebaran Tanah Lunak di Indonesia dan Atlas Peta Sebaran Lempung Bermasalah di Indonesia kepada narasumber termasuk Kepala BPBD Jawa Tengah Sudaryanto yang hadir mewakili Gubernur Ganjar Pranowo.


(alg/rih)