detikNews
Selasa 19 November 2019, 17:27 WIB

Kabar RS Condong Catur Sleman Dijual Dipastikan Hoaks

Usman Hadi - detikNews
Kabar RS Condong Catur Sleman Dijual Dipastikan Hoaks Rumah Sakit Condong Catur, Sleman, Selasa (19/11/2019). (Usman Hadi/detikcom)
Sleman - Kabar dijualnya Rumah Sakit (RS) Condong Catur, Kabupaten Sleman, tersebar di media sosial Facebook. Pihak RS Condong Catur memastikan informasi tersebut hoaks yang disebarkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

"Sampai saat ini kami belum mendapat informasi bahwa rumah sakit ini mau dijual. Jadi untuk sementara itu masih berita hoaks, ya," ujar Kepala Unit Humas dan Pemasaran RS Condong Catur Yustina Ernawati.

Hal itu disampaikan Erna, panggilan Yustina Ernawati, kepada detikcom di ruang kerjanya di RS Condong Catur, Jl Manggis No 6, Dusun Gempol, Desa Condongcatur, Kecamatan Depok, Sleman, Selasa (19/11/2019).


Informasi dijualnya RS Condong Catur diunggah akun bernama 'Saffanah Lu'lu Sausan' di grup Facebook 'info jual beli tanah / rumah / cari property Jogja Sleman Bantul Yogyakarta'. Kini posting-an itu telah dihapus.

"Dijual Rumah Sakit Condong Catur Sleman Yogyakarta," demikian keterangan yang ditulis akun tersebut seperti dilihat detikcom pada Selasa (19/11/2019) pukul 16.44 WIB.


Kabar RS Condong Catur Sleman Dijual Dipastikan HoaksKepala Unit Humas dan Pemasaran RS Condong Catur, Sleman, Yustina Ernawati, Selasa (19/11/2019). (Usman Hadi/detikcom)

Erna mengatakan sudah banyak orang yang termakan hoaks tersebut. Tak hanya itu, sejumlah broker diketahui juga beberapa kali mendatangi RS bertipe D ini.

"Sudah banyak sekali, sebenarnya (broker) yang ke sini itu banyak sekali, sering. Bahkan ada yang memfoto-foto dengan tanpa izin (pihak RS)," terang Erna.

"Kadang-kadang broker langsung foto-foto saja bahwa Rumah Sakit (Condong Catur) ini mau dijual. Akhirnya sekuriti mengetahui, akhirnya kita tegur bahwa rumah sakit ini tidak akan dijual," lanjutnya.


Menurut Erna, hoaks RS Condong Catur hendak dijual sebenarnya sudah tersebar sejak beberapa tahun lalu. Namun kabar bohong tersebut masih terus disebar, sehingga beberapa orang mempercayainya.

"Kalau mulai beredarnya (hoaks RS Condong Catur mau dijual) itu sudah dari 2014 kalau nggak salah. Itu sudah mulai beredar isu (mau dijual) sudah ada, dan saya sudah sering menemui juga sih," tuturnya.

"Terakhir bulan Oktober (2019) kemarin ada tamu memang ke sini, infonya mau visit ke lantai 4, padahal lantai 4 itu tidak ada rawat inap, gitu. Akhirnya ternyata mungkin dari broker ya," sambungnya.


Kabar RS Condong Catur Sleman Dijual Dipastikan HoaksRumah Sakit Condong Catur, Sleman, Selasa (19/11/2019). (Usman Hadi/detikcom)

Erna mengimbau masyarakat tidak mempercayai kabar hoaks itu. Ia juga memastikan pelayanan RS Condong Catur tetap berjalan sebagaimana mestinya dan tidak terganggu oleh adanya kabar bohong tersebut.

"Kita tetap melakukan pelayanan semaksimal mungkin sesuai dengan SOP kita, untuk informasi rumah sakit ini mau dijual sementara... diabaikan," paparnya.

"Karena, walaupun ada informasi itu, toh kita (tetap) melayani pasien BPJS (Kesehatan) juga, seperti itu, (pasien) tetap terlayani," pungkas Erna.
(ush/rih)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com