Warga Tak Berminat, Pilkades di Desa Ini Diikuti 2 Calon dari Luar

Eko Susanto - detikNews
Selasa, 19 Nov 2019 14:57 WIB
Zaenal Arifin. (Foto: Eko Susanto/detikcom)
Kabupaten Magelang - Sudah setahun pendaftaran desa kecil di Magelang, Jawa Tengah, ini menunda Pilkades karena sepi peminat. Akhirnya tahun ini desa tersebut baru akan bisa menggelar Pilkades. Itupun kedua calon yang bertarung bukan warga setempat.

Sebanyak 294 desa akan melangsungkan Pilkades serentak di Kabupaten Magelang, Minggu (24/11) mendatang. Dari 294 desa tersebut, salah satunya Desa Kemutuk, Kecamatan Tempuran.

Camat Tempuran, Daryoko Umar Singgih, mengatakan, Desa Kemutuk memiliki jumlah DPT paling kecil di Magelang, hanya 344 warga yang memiliki hak pilih.


Pilkades di desa tersebut diikuti 2 pasangan calon kades yakni Siswanto, warga Kabupaten Cilacap, dan Mat Roit, warga Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Magelang.

"Pak Siswanto berdomisili di Cilacap, tapi beliau putera desa setempat. Mat Roit, warga Kaliangkrik," kata Daryoko saat dihubungi, Selasa (19/11/2019).

Pejabat (Pj) Kades Kemutuk, Sugiyono, membenarkan bahwa dua calon yang akan bertarung di Pilkades Kemutuk bukan warga Desa Kemutuk.

"Secara adminitratif keduanya bukan warga Kemutuk, yang satu ber-KTP Majenang, Cilacap, yang satu KTP Kaliangkrik, istrinya orang Kemutuk. Sesuai regulasi ini diperbolehkan," ujar dia.
Selanjutnya
Halaman
1 2