detikNews
2019/11/16 19:35:45 WIB

Pesan JK di Mubes Keluarga Sulsel: Jaga Marwah di Perantauan

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pesan JK di Mubes Keluarga Sulsel: Jaga Marwah di Perantauan Jusuf Kalla berfoto bersama penari usai menghadiri Mubes KKSS di Solo, Sabtu (16/11/2019). Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menghadiri Musyawarah Besar (Mubes) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) di Solo. Dia berpesan agar para perantau dari Sulawesi Selatan (Sulsel) selalu menjaga marwah.

JK awalnya bercerita bahwa orang Sulsel, apapun sukunya, tersebar di berbagai penjuru nusantara, bahkan dunia. Di manapun mereka berada, JK meminta perantau agar melakukan pengabdian kepada masyarakat setempat.

"Di Jakarta ada Kecamatan Makasar, di mana-mana ada Kampung Bugis, di Papua dikatakan di mana ada cahaya di situ ada orang Sulawesi Selatan, entah Bugis, Makassar, Toraja. KKSS menjaga kumpulan itu agar berjalan baik," kata JK dalam sambutannya di Hotel Lorin Solo, Sabtu (16/11/2019).


Namun dia mengaku prihatin dengan kabar-kabar perpecahan di beberapa daerah, seperti di Papua dan Kalimantan. Di Papua, masyarakat terbunuh dan harus mengungsi.

"Di Penajam, Kalimantan, 400 rumah terbakar. Ini tentu membutuhkan suatu pemikiran kembali, apa yang masalah di kalangan kita semua, kenapa ini terjadi," kata JK.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com