Jusuf Kalla Kunjungan Kerja ke PMI Yogyakarta

Vattaya Zahra, Misericordias Domini - detikNews
Jumat, 15 Nov 2019 16:29 WIB
Foto: Vattaya Zahra/detikcom
Foto: Vattaya Zahra/detikcom
Yogyakarta - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla melakukan kunjungan kerja di PMI Yogyakarta, Jumat (15/11/2019). JK dalam kunjungan kali ini untuk memantau kinerja serta stok kantong darah yang ada di PMI Yogayakarta.

Di kantor PMI Yogyakarta, mantan Wakil Presiden RI periode 2014-2019 itu melihat proses donor darah sambil berbincang-bincang dengan beberapa pendonor dan petugas PMI.

"Kunjungan ini untuk melihat selalu kesiapan dan juga proses yang berjalan di Palang Merah. Karena kesiapan selalu penting," ujar Jusuf Kalla saat ditemui di PMI Yogyakarta.

Selain itu Jusuf Kalla juga memberikan sambutan serta beberapa pidato di depan relawan di gedung serbaguna PMI Yogayakarta. Ia menilai persedian kantong darah di Yogyakarta sudah terbilang cukup.

"Di sini cukup persedian tapi memang kendalanya rumah sakit utama di sini distribusinya kurang lancar," tambahnya.

Jusuf Kalla juga memberikan pujian kepada PMI Yogyakarta karen banyaknya relawan pendonor darah.Ia juga menyampaikan persiapan PMI dalam menghadapi potensi ancaman bencana ke depan.

"Persiapannya dikoordinir oleh daerah selalu siap dengan baik, semua kabupaten dan kota," lanjutnya.

Dihadapan puluhan anggota Korps Sukarela (KSR) Yogyakarta, JK memberikan apresiasi yang baik pada para relawan.

"Saya berterima kasih kepada relawan karena merupakan pilar pokok dan sumber kekuatan PMI," ungkap JK.

"Dari sisi agama, membatu sesama adalah perbuatan mulia. Juga dari sisi amal ibadah, itu (membantu sesama) juga memenuhi prinsip kemanusiaan," lanjut JK.
Jusuf Kalla, ketua PMIJusuf Kalla, ketua PMI Foto: Misericordias Domini/detikcom

JK menyebutkan, untuk membantu orang lain, diperlukan keahlian dan kemampuan. Relawan PMI dipandang bukan karena seragamnya, tetapi karena keahlian, kemampuan dan solidaritas yang dimiliki untuk membantu orang lain. Terutama ketika keadaan darurat, seperti bencana.

"Semua yang dilakukan relawan PMI itu atas dasar rela. Donor danar, rela. Membantu orang, rela. Kesukarelaan. Sukarelawan adalah adalah orang yang memiliki amal ibadah," tutur JK.

"Di samping amal ibadah, ada kesetiaan yang menciptakan manusia yang adil dan beradab (sila kedua Pancasila)," lanjutnya.

"Orang yang pertama masuk surga itu adalah relawan PMI," ucap JK yang disambut dengan tepuk tangan dari relawan yang hadir dalam kunjungan tersebut. Sebanyak 30-50 anggota Korps Relawan PMI Yogyakarta hadir dalam sambutan yang diadakan di aula markas PMI Yogyakarta tersebut.

Hefni Yanti (20), anggota Korps Sukarela PMI Akademi Manajemen Administrasi (AMA) Yogyakarta, mengungkapkan perasaan senangnya ketika JK mengunjungi markas PMI Kota Yogyakarta.

"Senang, jadi ini (sambutan) memotivasi kami (korps relawan) untuk selalu membantu sesama manusia, dengan ikhlas dan menjunjung tinggi solidaritas," ujarnya kepada detikcom, Jumat (15/11/19) siang. (bgs/bgs)