'Hilang' 3 Hari Dikira Hanyut di Sungai, Ini yang Dilakukan Suharja

Rinto Heksantoro - detikNews
Kamis, 14 Nov 2019 10:22 WIB
Foto ketika tim pencarian melacak keberadaan Suharja yang dikira hanyut di sungai. (Foto: dok. Polsek Ngombol, Purworejo)
Foto ketika tim pencarian melacak keberadaan Suharja yang dikira hanyut di sungai. (Foto: dok. Polsek Ngombol, Purworejo)
Purworejo - Suharja, warga Purworejo, Jateng, dikabarkan hilang hanyut di sungai sehingga tim SAR gabungan langsung melakukan pencarian korban. Namun pencarian akhirnya dihentikan lantaran terdengar kabar korban ternyata pergi ke luar kota.

Suharja (45) adalah warga RT 02 RW 02, Desa Sumberrejo, Kecamatan Ngombol, Purworejo. Lelaki itu diduga terjun ke sungai yang tak jauh dari rumahnya pada Selasa (12/11) sore.

Diketahui, sebelum menghilang, korban terlibat cekcok dengan istrinya, Sri Winarsih (42). Setelah itu, korban meninggalkan rumah dan tak kunjung pulang hingga malam hari. Warga kemudian melakukan pencarian di sekitar sungai dan hanya menemukan sandal korban, tapi korban tidak ditemukan.

Keesokan harinya, Tim SAR gabungan bersama relawan ikut mencari korban di sungai dan sekitarnya tapi tetap tidak membuahkan hasil.

"Dugaan awalnya korban tenggelam karena sandal korban yang sebelah kanan mengapung di sungai dan yang sandal kiri ditemukan di pinggir sungai. Jadi dikira warga, dia tenggelam. Kemudian kami dari Tim SAR gabungan ikut melakukan pencarian," kata juru bicara Basarnas Yogyakarta, Pipit Eriyanto, Kamis (14/11/2019).


Namun operasi pencarian korban yang juga menerjunkan tim penyelam itu akhirnya dihentikan dan hari ini tidak dilanjutkan lantaran korban diketahui pergi ke luar kota.

"Hari ini tidak ada aktivitas pencarian karena ternyata tidak tenggelam. Informasi pasti bahwa yang diduga tenggelam ternyata kemarin sore sudah menelepon keluarganya yang di Kuningan kalau sedang perjalanan kapal ke Sumatera," lanjutnya.

Ismantoro, salah satu anggota keluarga Suharja, membenarkan Suharja pergi ke Sumatera. Dia mengaku dikabari langsung melalui sambungan telepon dari keluarga Suharja yang di Kuningan, Jawa Barat.

"Aslinya kan Pak Suharja itu dari Kuningan. Nah, tadi malam saya dikabari pihak keluarga yang di sana, mengatakan Pak Suharja telepon mengabari kemarin sore sudah naik kapal mau ke Sumatera. Kemudian Pak Suharja juga bilang intinya mohon maaf kepada warga Sumberrejo yang telah membuat heboh," paparnya. (mbr/mbr)