detikNews
Rabu 13 November 2019, 07:03 WIB

Djaduk Ferianto Wafat, Tim Ngayogjazz: Tadi Malam Kami Masih Rapat

Muchus Budi R. - detikNews
Djaduk Ferianto Wafat, Tim Ngayogjazz: Tadi Malam Kami Masih Rapat Foto: Djaduk Ferianto (Instagram)
Yogyakarta -

Meninggalnya seniman kenamaan, Djaduk Ferianto, mengejutkan teman-temannya. Kata tim sesama perancang acara Ngayogjazz 2019, tadi malam Djaduk masih mengikuti rapat persiapan acara.

"Mas Djaduk Ferianto wafat dini hari tadi. Kami kaget sekali, karena tadi malam masih rapat dengan kami untuk persiapan Ngayogjazz 2019," ujar Aji Wartono, sahabat dekat Djaduk, kepada detikcom, Rabu (12/11/2019).

Rapat itu, kata Aji, digelar di sekretariat Ngayogjazz di Jalan Munggur, Yogyakarta. Persiapan acara tersebut memang sudah sangat mendesak karena akan dihelat hari Sabtu mendatang. Event Ngayogjazz termasuk acara yang sangat diperhatikan Djaduk. Bahkan dia pernah melakukan penggalangan dana dengan ngamen di jalanan untuk menggelar acara tersebut.

"Benar-benar kaget. Tadi malam masih rapat dengan kami, pagi-pagi mendengar kabar Mas Djaduk sudah wafat," lanjutnya.


Informasi yang beredar di kalangan seniman menyebutkan bahwa RM Gregorius Djaduk Ferianto wafat Rabu, (13/11/2019) pukul 02.30 WIB. Jenazah disemayamkan di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja. Pemakamakan direncanakan pukul 15.00 WIB di makam keluarga Sembungan, Kasihan, Bantul. Pemberkatan jenazah akan dilakukan satu jam sebelumnya.

Djaduk adalah salah satu putra dari seniman serba bisa asal Yogyakarta, mendiang Bagong Kussudiardja. Sejak kecil, Djaduk sudah menggumuli dunia seni dari padepokan seni yang dipimpin ayahnya tersebut.


Bersama kakaknya, Butet Kertaradjasa, Djaduk pernah membesarkan ikut membesarkan Teater Gandrik, grup teater fenomenal asal Yogya. Selain nama Djaduk dan Butet, teater gaya sampakan ini dikuati para seniman kenamaan seperti Heru Kesawa Murti, Jujuk Prabowo, Saptaria, Susilo Nugroho dan lain-lain.

Djaduk adalah musisi kotemporer Indonesia yang karya-karya banyak mewarnai berbagai ranah bidang kesenian. Dia menggarap komposisi, musik teater, musk film, pentas tunggal, hingga mengamen di jalanan. Selain bermusik, Djaduk juga dikenal sebagai aktor dan perupa.


(mbr/sip)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com