ADVERTISEMENT

Mengapa Ada Warga Menolak Ritual Piodalan di Bantul

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 13 Nov 2019 02:42 WIB
Foto: Istimewa/detikcom
Bantul - Sejumlah warga mengehentikan acara doa leluhur atau wafatnya Ki Ageng Mangir atau ritual Piodalan di Dusun Mangir Lor, Desa Mangir, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Hal itu karena acara tidak mengantongi izin dari pihak terkait.

Pemangku Padma Buwana, Utiek Suprapti menjelaskan acara tersebut terbagi dalam 2 sesi yakni dengan prosesi agama Budha dan agama Hindu. Namun, belum sempat sesi kedua digelar, warga bersama polisi datang untuk menghentikan acara tersebut.

"Upacara kali ini kan ada 2 sesi, yang upacara pertama sudah berjalan, dan sudah hampir selesai saat kami didatangi oleh pihak kepolisian dan warga. Karena di sini (rumah Uti) katanya belum ada izin, baik tempat ibadah maupun izin kegiatan," katanya saat ditemui wartawan di Dusun Mangir Lor, Desa Mangir, Kecamatan Pajangan, Bantul, Selasa (12/11/2018).

"Terus tadi mobilnya romo sepuh saya (pandita Hindu) digebrog-gebrog (saat datang ke rumahnya untuk memimpin sesi kedua)," sambung Utiek.

Menurutnya, penolakan itu muncul dari beberapa warga yang tidak suka dengan kegiatan tersebut. Mengingat penolakan juga pernah terjadi saat pihaknya menggelar acara serupa.

"Tapi memang warga itu dipimpin seseorang yang sejak dulu tidak menginginkan tempat ini ada," katanya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT