detikNews
2019/11/12 22:36:23 WIB

Polisi Sebut Tak Ada Penghentian Upacara Keagamaan di Bantul

Usman Hadi - detikNews
Halaman 1 dari 2
Polisi Sebut Tak Ada Penghentian Upacara Keagamaan di Bantul Foto: Istimewa/detikcom
Bantul - Kapolres Bantul, AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono, memastikan tidak ada penghentian upacara keagamaan di Sekertariat Paguyuban Padma Buwana, Dusun Mangir Lor, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, DIY, hari ini.

"Untuk kegiatan di tempat Ibu Uti (Sekertariat Paguyuban Padma Buwana Bantul) tidak ada yang menghentikan. Buktinya kegiatan tadi juga tetap dilaksanakan oleh Ibu Uti," ujar Wachyu saat dimintai konfirmasi detikcom, Selasa (12/11/2019).

Wachyu tak menampik bahwa ada warga yang mempertanyakan kegiatan keagamaan di Sekertariat Paguyuban Padma Buwana Bantul. Sebab, sekretariat aliran kepercayaan Padma Buwana belum mengantongi izin pembangunan tempat ibadah.

"Memang dari warga masyarakat setempat mempertanyakan apakah sudah ada izin pendirian (Sekertariat Paguyuban Padma Buwana Bantul) sebagai tempat upacara keagamaan ataupun izin kegiatan keagamaan di situ," terang Wachyu.

Berdasarkan informasi yang diperoleh detikcom, sebenernya telah ada pertemuan antara pihak-pihak terkait, kemarin. Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya pertemuan itu menyepakati agar kegiatan di Sekertariat Paguyuban Padma Buwana dibatalkan.

Namun hari ini, Selasa (12/11/2019) pukul 14.00 WIB ternyata kegiatan di Sekertariat Paguyuban Padma Buwana tetap dilangsungkan. Tentu hal itu memantik respon warga sekitar, sehingga muncul upaya pemblokiran jalan ke lokasi.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com