detikNews
2019/11/12 15:26:07 WIB

Diwarnai Protes hingga Tapa Pepe, Kios 5 PKL Gondomanan Yogya Dieksekusi

Pradito Rida Pertana - detikNews
Halaman 1 dari 4
Diwarnai Protes hingga Tapa Pepe, Kios 5 PKL Gondomanan Yogya Dieksekusi Suasana eksekusi lokasi jualan PKL di Jalan Brigjen Katamso, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Yogyakarta - Aksi saling dorong antara juru sita dari Pengadilan Negeri (PN) Yogyakarta, Polisi dan para aktivis mewarnai jalannya eksekusi PKL di pinggir Jalan Brigjen Katamso, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta. Alhasil, objek yang menjadi tempat jualan lima PKL tetap dieksekusi pihak berwenang siang ini.

Salah satu PKL terdampak, Budiono (62) mengatakan, bahwa ia menyayangkan eksekusi terhadap lokasi tempatnya berjualan. Mengingat ia tidak memiliki lokasi lain untuk menjalankan usaha berjualan minuman.

"Saya mau mengadu ke Keraton (Ngayogyakarta Hadiningrat) besok untuk minta keadilan dan minta sithik edhing (kesediaan untuk berbagi rasa dan ruang), mbok (Sri Sultan HB X) dibantu dengan kami diberi beberapa meter (tempat untuk berjualan)," ucapnya saat ditemui di lokasi eksekusi, Selasa (12/11/2019).


Terlebih, pria yang sudah berjualan sejak tahun 1980 ini menilai bahwa sebelumnya sudah ada kesepakatan dari pihak PKL dengan pemilik surat kekancingan untuk menempati pinggir Jalan Brigjen Katamso sebagai tempat berjualan.

Diwarnai Protes hingga Tapa Pepe, PKL Gondomanan Yogya DieksekusiSuasana eksekusi lokasi jualan PKL di Jalan Brigjen Katamso, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom


"Dulu-dulunya udah sepakat, dan dari tahun 2010 diselesaikan di Kelurahan, Kecamatan, polisi sudah sepakat saya nempati segitu (28 meter persegi). Tapi setelah bangunannya (milik Eka Aryawan) selesai malah digugat," katanya saat ditemui di lokasi eksekusi, Selasa (12/11/2019).



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com