Belajar dari Buku SD, Pemuda Ini Raup Rupiah Bikin Pesawat Aeromodelling

Ragil Ajiyanto - detikNews
Senin, 11 Nov 2019 16:06 WIB
Pungki Sasando dan Deni Kurniawan, membuat pesawat aeromodelling, Senin (11/11/2019). Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Pungki Sasando dan Deni Kurniawan, membuat pesawat aeromodelling, Senin (11/11/2019). Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom

Awalnya Sasando membuat miniatur pesawat dari styrofoam. Sehingga rumah yang ditempati bersama neneknya, penuh. Namun kemudian dia mencoba membuat pesawat yang bisa diterbangkan.

Diakui juga, pembuatan pesawat RC itu tak langsung jadi. Tapi pada awalnya gagal juga. Dia mulai membuat pesawat tersebut di akhir tahun 2017, namun sudah belajar tentang pesawat ini sejak tahun 2011.


"Nggak langsung bisa nerbangin, jadi ada proses gagal. Dari gagal itu saya sempat frustrasi ada, karena yang saya buat juga banyak tapi tidak berhasil. Saya mikir gini, namanya orang sukses itu pasti harus gagal, kalau kita nggak gagal tidak dapat ilmu berarti," imbuh dia.

Sasando yang akrab disapa Ando, terus termotivasi dan mendapat dukungan dari teman-temannya serta komunitas aeromodelling. Akhirnya, kesalahan-kesalahan bisa diketahui dan diperbaiki. Hingga akhirnya saat ini bisa membuat pesawat aeromodelling.

Untuk membuatnya, Ando dan Deni menggunakan styrofoam, kayu lapis dan busa. Sebagian bahan-bahan itu pun merupakan barang bekas. Namun ada juga barang yang dibeli pabrikan, khususnya untuk elektroniknya.

"Yang bisa buat sendiri, kita buat sendiri," ujar dia.

Belajar dari Buku Pelajaran SD, Pemuda Boyolali Bikin Pesawat AeromodellingPesawat aeromodelling buatan Pungki Sasando dan Deni Kurniawan, Senin (11/11/2019). Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom


Sedangkan model pesawat yang dibuatnya yakni jenisnya aerobatik, trainer dan jet. Pemasarannya, melalui media sosial. Dia memposting karyanya tersebut di media sosial.

"Kita posting di sosial media, menunjukkan hasil karya kita berdua. Biasanya dari situ sudah pada suka dulu. Paling jauh kemarin dari Timika (Papua). Kemudian ada dari Depok kemarin pesawat trainer dengan bentang sayap 2 meter," katanya.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3