detikNews
2019/11/11 16:06:49 WIB

Belajar dari Buku SD, Pemuda Ini Raup Rupiah Bikin Pesawat Aeromodelling

Ragil Ajiyanto - detikNews
Halaman 1 dari 3
Belajar dari Buku SD, Pemuda Ini Raup Rupiah Bikin Pesawat Aeromodelling Pungki Sasando dan Deni Kurniawan, membuat pesawat aeromodelling, Senin (11/11/2019). Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Boyolali - Berawal dari hobi, kini bisa menjadi lahan usaha menghasilkan pundi-pundi uang. Itulah yang dilakukan Pungki Sasando bersama temannya, Deni Kurniawan, yang menekuni pesawat aeromodelling.

"Jadi saya menerbangkan (pesawat aeromodelling) juga sudah hobi, setelah diterbangkan dibeli itu kan sudah kenikmatan tersendiri. Hobi kita tersalurkan, habis itu diambil orang, kita dibayar. Jadi kita juga senang," kata Pungki Sasando, ditemui di bengkel pembuatan pesawat aeromodelling di rumahnya, Desa Gagaksipat, RT 03/04, Kecamatan Ngemplak, Boyolali, Senin (11/11/2019).


Dia membuat pesawat remote control (RC) bersama temannya, Deni Kurniawan, yang sama-sama penyuka pesawat terbang. Hanya saja, Deni Kurniawan, warga Desa Kismoyoso, Kecamatan Ngemplak, Boyolali lebih ke miniatur pesawat.

Sasando mengatakan, kecintaannya kepada dunia dirgantara tersebut sudah sejak kecil. Dia suka melihat pesawat terbang di Bandara Adi Soemarmo Boyolali yang kebetulan juga tidak jauh dari rumahnya. Tak hanya itu, dia juga sering melihat komunitas aeromodelling yang ada di kawasan bandara tersebut.

"Ini berawal dari hobi, jadi dulu saya suka melihat pesawat terbang di bandara. Saya terheran-heran, mengapa pesawat sebesar itu bisa terbang," kata pemuda kelahiran 03 Juni 1996 ini.

Belajar dari Buku Pelajaran SD, Pemuda Boyolali Bikin Pesawat AeromodellingBuku prakarya siswa SD yang menjadi salah satu bacaan Sasando untuk membuat pesawat aeromodelling, Senin (11/11/2019). Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom

Akhirnya, dia pun mulai mempelajarinya sedikit demi sedikit. Dia belajar dari internet, majalah hingga buku pelajaran Sekolah Dasar (SD). Termasuk dia mulai cara membuat pesawat dari buku prakarya bagi siswa SD tersebut, yang salah satu babnya membahas membuat model pesawat terbang.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com