Penyelesaian Tata Cara Pemakaman Mualaf di Kudus Ini Bisa Ditiru

Penyelesaian Tata Cara Pemakaman Mualaf di Kudus Ini Bisa Ditiru

Akrom Hazami - detikNews
Senin, 11 Nov 2019 15:08 WIB
Peti jenazah Feddy di Kudus. (Foto: Akrom Hazami/detikcom)
Peti jenazah Feddy di Kudus. (Foto: Akrom Hazami/detikcom)
Kudus - Seorang mualaf di Kudus, Jateng, meninggal. Keluarganya hendak memakamkannya sesuai agama dianut keluarga. Namun setelah dilakukan musyawarah antara keluarga, pemerintah setempat dan ormas muslim, akhirnya disepakti janazah dimakamkan sesuai tata cara keyakinan almarhum terakhir.

Ignatius Freddy Wahyu Nugroho (48), warga Kelurahan Purwosari, Kudus, meninggal dunia, Minggu ((10/11) karena sakit. Jenazah disemayamkan di Rumah Duka Dharma Kudus. Pemakaman dilakukan hari ini, Senin (11/11/2019), dengan tata cara agama yang dianut keluarga dan juga almarhum sebelum memutuskan mualaf.

Namun sebelum dilakukan pemakaman, pihak keluarga diajak musyawarah oleh Forkopimda yang melibatkan MUI setempat, perwakilan NU, Muhammadiyah, Paroki serta Forum Kerukunan Umat Beragama.


Perwakilan keluarga, Ghuntur Koesdi Muhtar, meminta maaf kepada sejumlah pihak karena sebelumnya keluarga telah mengambil keputusan. "Semalam belum ada titik temu. Karena itu hak orang tua," ujarnya.

Namun setelah dilakukan musyawarah, pihak keluarga menerima jika jenazah dimakamkan secara Islam. "Dimakamkan sesuai haknya dalam memeluk agama, yakni Islam," kata Ghuntur di lokasi Rumah Dharma, Senin.
Selanjutnya
Halaman
1 2