detikNews
2019/11/10 19:31:16 WIB

2 Warga Gunungkidul Tewas Tercebur Sumur

Pradito Rida Pertana - detikNews
Halaman 1 dari 2
2 Warga Gunungkidul Tewas Tercebur Sumur Foto: Dok Basarnas Yogya/detikcom
Gunungkidul - Sebanyak 3 orang tercebur ke dalam sumur di Dusun Plalar, Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul. Ketiganya tercebur ketika membersihkan sumur, namun nahas, 2 diantaranya meninggal dunia saat dievakuasi tim SAR gabungan.

Humas Basarnas Yogyakarta, Pipit Eriyanto menjelaskan, bahwa kejadian bermula saat pemilik sumur, Basuki Yono meminta bantuan kepada Satiyar (35), Suharwanto (33) dan Karsiyo (33) untuk mengecek dan menguras sumur miliknya tadi siang. Selanjutnya, Suharwanto menuruni sumur sedalam 25 meter dengan tangga berbahan bambu.

Sesampainya di dalam sumur, Suharwanto menyalakan diesel yang untuk menguras sumur tersebut. Namun, sesaat setelah menyalakan diesel tersebut, Suharwanto jatuh ke dalam sumur.

"Teman korban (Karsiyo dan Satiyar) lalu turun untuk menolong tapi ikut terjatuh. Jadi 3 orang ini turun dengan cara manual dan tidak memakai perlengkapan seperti tabung oksigen dan lain-lain," katanya saat dihubungi detikcom, Minggu (10/11/2019).

Ketiga warga Dusun Plalar, Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul pun lalu tercebur ke dalam sumur. Selanjutnya, salah satu korban, yakni Sutiyar sempat berteriak meminta tolong dan berhasil dievakuasi warga setempat.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com