detikNews
Minggu 10 November 2019, 16:53 WIB

Sedulur Sikep Ziarah ke Makam Sosrokartono di Kudus

Akrom Hazami - detikNews
Sedulur Sikep Ziarah ke Makam Sosrokartono di Kudus Foto: Akrom Hazami/detikcom
Kudus - Anggota penghayat kepercayaan Sedulur Sikep Samin di Kabupaten Kudus, ziarah makam pahlawan di taman makam pahlawan, dan makam Raden Mas Panji (RMP) Sosrokartono, kakak dari Raden Ajeng (RA) Kartini, di Desa Kaliputu, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Minggu (10/11).

Mereka bersama anggota komunitas sepeda onta kuno setempat, ziarah ke makam. Mereka mendoakan para pahlawan agar terus diberkahi Tuhan Yang Maha Esa.

"Ini kan 10 November. Itu kan Hari Pahlawan. Kami bersama Komunitas Sepeda Kuno, menyelenggarakan ziarah ke makam pahlawan," kata perwakilan Sedulur Sikep Kudus, Budi Santoso di Makam Sosrokartono, Minggu (10/11/2019).

"Kami mengakui jasa leluhur. Sebagai anak bangsa, wajib menghargai jasa para pahlawan," ujarnya.

Dia mengakui jika aksi berziarah mereka baru pertama kali dilakukan. Sedulur Sikep sadar betul dengan jasa pahlawan yang besar merebut kemerdekaan.

"Ini baru pertama ziarah. Kami sebagai anak bangsa, sadar betul dengan jasa pahlawan," kata dia.

Sementara perwakilan komunitas, Sancaka Dwi Supani menambahkan, semestinya memang Sedulur Sikep yang juga cucu pejuang Samin Surosentiko, dan komunitasnya, menghormati jasa pahlawan.

"Sedulur Sikep juga anak cucu pahlawan, mbah Samin Surosentiko dan kami komunitas sepeda kuno, menghormati dan menghargai jasa pahlawan termasuk ke makam Sosrokartono yang merupakan pahlawan melalui pemikirannya untuk membela hak rakyat," ujarnya.



Simak juga video "Pesan Veteran untuk Generasi Milenial: Jangan Korupsi!" :

[Gambas:Video 20detik]


(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com