detikNews
2019/11/10 16:24:37 WIB

Subhan ZE, Tokoh Bangsa dari Kudus yang Terlupakan

Akrom Hazami - detikNews
Halaman 1 dari 3
Subhan ZE, Tokoh Bangsa dari Kudus yang Terlupakan Foto: Akrom Hazami/detikcom
Kudus - Banyak warga di Kabupaten Kudus yang tahu jika ada nama salah satu jalan utama kota, bernama Jalan HM Subhan ZE. Lokasinya dari perempatan Jember, Purwosari, Kecamatan Kota hingga ke selatan. Namun tidak banyak yang tahu siapakah tokoh yang namanya jadi nama jalan.

Bahkan keluarganya di Kudus amat kecil kemungkinannya bisa ditemukan. Mengingat Subhan ZE bukanlah warga asli Kudus. Subhan diangkat menjadi anak oleh Zaenuri Ehsan, yang akhirnya nama itu mengisi bagian belakang nama Subhan. Akhirnya Subhan pun hidup di Kudus.

Em Nadjib Hassan, seorang yang dulu pernah dekat dengan Subhan ZE semasa hidup, mengatakan Subhan ZE bukanlah warga Kudus asli. Dia mulai hidup di Kudus setelah diangkat anak oleh Zaenuri Ehsan.

"Pak Subhan tidak punya anak istri. Karena memang belum pernah kawin. Jadi kerabat yang ada itu hanya ponakan-ponakan dari Pak Zaenuri (ayah angkatnya). Kalau saudara kandungnya Subhan, di Solo tinggalnya, " kata Nadjib yang juga Ketua Yyasan Masjid, Menara, Makam (YM3SK) saat berbincang di ruang kerjanya , Sabtu (9/11/2019) malam.

"Kebetulan pak Zaenuri Ehsan (ZE) ayah angkatnya, itu akrab dengan ayah saya, Hassan Abubakar Ehsan (AE). Ada hubungan tapi jauh. Kebetulan nama belakang keduanya ada Ehsan," ujarnya.

Ayahnya Nadjib, yakni Hassan AE memang akrab dengan Zaenuri. Tidak heran jika Hassan pernah mendapat kiriman kartu pos dari Zaenuri Ehsan yang tengah berada di Mekah, Arab Saudi, untuk berhaji. Ketika itu, Zaenuri Ehsan berhaji bersama Subhan ZE, dan Dahlan, rekannya yang juga warga Kudus.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com