detikNews
2019/11/10 14:45:13 WIB

Ribuan Pesepeda Onthel Tumpah Ruah di Yogya

Vattaya Zahra - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ribuan Pesepeda Onthel Tumpah Ruah di Yogya Foto: Vattaya Zahra/detikcom
Yogyakarta - Ribuan pesepeda onthel dari berbagai daerah dan komunitas di Indonesia tumpah ruah di Yogyakarta. Mereka mengikuti acara Jogja Republik Onthel *(JRO) II.

Acara yang digelar kompleks Museum Benterng Vredeburg selama 2 hari, Sabtu dan Minggu, 9 sampai 10 November 2019. Ribuan anggota komunitas onthel seluruh Indonesia dan perwakilan luar negeri datang dan mengukuti acara pawai keliling kota.

Mereka mengenakan berbagai kostum seperti kostum pejuang, pasukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan Badan Keamanan Rakyat (BKR), pakaian daerah, kebaya hingga polisi jaman dulu. Mereka juga menghias sepeda onthel dengan berbagai asesoris mulai dari bendera merah putih, bendera komunitas, bel sepeda pin dan perangkat pengeras suara.

Saat mengikuti pawai mengunjungi berbagai tempat bersejarah. Mereka melakukan pawai dengan tertib sambil membunyikan bel sepedanya. Kring-kring, ting-tong, ting-tong terdengar sepanjang jalan yang dilalui.
Jogja Republik OnthelJogja Republik Onthel Foto: Vattaya Zahra/detikcom

Dari Museum Benteng Vredeburg, peserta menyusuri Jl Senopati, Sultan Agung, Taman Siswa, Situs Warungboto Umbulharjo, Demangan, Bunderan UGM, Jl Jenderal Sudirman, Tugu Pal Putih, Malioboro dan kembali lagi ke museum.

Presiden JRO, Munthowil mengungkapkan even tahunan ini selain untuk mempromosikan pariwisata Yogyakarta juga mengkampanyekan gerakan bersepeda. Jogja Republik Onthel dapat menjadi bukti Kota Yogyakarta masih layak menjadi kota sepeda.

"Tahun ini, JRO mengusung tema Raja Kaya, Jelajah Wisata Sejarah," katanya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com