detikNews
2019/11/10 13:28:23 WIB

Unik, Upacara Hari Pahlawan di Monumen Yogya Kembali

Pradito Rida Pertana - detikNews
Halaman 1 dari 2
Unik, Upacara Hari Pahlawan di Monumen Yogya Kembali Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
sleman - Puluhan orang melaksanakan upacara peringatan hari pahlawan di Monumen Yogya Kembali (Monjali), Kabupaten Sleman. Selain mengibarkan bendera merah putih raksasa, pengiring lagu Indonesia Raya menggunakan alunan biola yang dimainkan siswa SD yang berdiri di Monumen tersebut.

Ketua Panitia Peringatan Hari Pahlawan di Monjali, Nanang Winarto mengatakan, upacara peringatan hari pahlawan ini berbeda dengan upacara lainnya. Di mana pesertanya melibatkan mahasiswa, pelajar hingga karyawan monjali.

Selain itu, ada pula pengibaran bendera merah putih berukuran 24x18 meter, dan menampilkan permainan biola yang dari seorang siswa SD yang menggelantung di Monjali. Alunan biola itu menjadi pengiring lagu Indonesia Raya saat upacara berlangsung.
Unik, Upacara Hari Pahlawan di Monumen Yogya KembaliFoto: Pradito Rida Pertana/detikcom

"Yang unik pada upacara (hari pahlawan) kali ini, kita melakukan pengibaran raksasa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya diiringi dengan (permainan) biola yang dimainkan Goldy secara menggelantung," katanya saat ditemui di Monjali, Kabupaten Sleman, Minggu (10/11/2019).

Tak hanya Goldy, Nanang menyebut bahwa selain Goldy ada 9 anak dari sanggar biola quinta Yogyakarta yang memainkan biola sebagai pengiring musik Indonesia Raya saat upacara berlangsung. Sembilan anak itu posisinya berada di bawah Goldy.

"Jadi yang di bawah ada 9 anak (memainkan biola) dari Quinta (sanggar biola quinta Yogyakarta) dan satu (Goldy) di atas, sehingga jumlahnya ada 10. Kenapa 10? Karena bertepatan dengan hari pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November," ujarnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com