detikNews
2019/11/10 13:13:31 WIB

Bus Low Deck Diujicoba Jadi Bus Trans Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bus Low Deck Diujicoba Jadi Bus Trans Semarang Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Pemerintah Kota Semarang melakukan uji coba Bus Low Deck untuk Trans Semarang. Bus tersebut memudahkan lansia dan difabel serta dilengkapi sistem keamanan yang lebih canggih dari bus Trans Semarang sebelumnya.

Peluncuran uji coba tersebut dilakukan bertepatan dengan upacara Hari Pahlawan di Balai Kota Semarang. Bus tersebut Bus Low Deck Scania Chassis K250 UB - 4X2 untuk ujicoba Koridor 1 rute Mangkang-Penggaron.

Bus itu memiliki panjang berkapasitas 41 tempat duduk yang menghadap depan dengan seat 2X2, kemudian terdapat 2 kursi lipat, 1 tempat kursi roda, 1 kursi untuk operator dan 25 pegangan untuk penumpang yang berdiri. Di dalam bus juga dilengkapi dengan 7 CCTV dan pengaman untuk kursi roda.
Uji coba bus low deck di SemrangUji coba bus low deck di Semrang Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom

"Ada ujicoba bus yang beda, ini low deck. Jarak antara tanah dan lantai bus tidak tinggi. Yang difable dan yang kesulitanan naik bisa mandiri," kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Minggu (10/11/2019).

Bus tersebut akan dipinjamkan selama sebulan dan kemungkinan akan diperpanjang karena menurut Hendrar respon masyarakat lewat media sosial bagus. Jika respon semakin bagus maka akan dibicarakan soal investasi.

"Ini dipinjamkan sebulan akan lihat responnya," ujar Wali Kota yang akrab disapa Hendi itu.

Tarif untuk bus low deck sesuai Peraturan Wali Kota Semarang 54 tahun 2019, untuk Umum Rp 3.500, Pelajar/Mahasiswa/KIA Rp 1.000.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com