detikNews
Minggu 10 November 2019, 13:02 WIB

Merapi Cerah Hari ini, Warga Beraktivitas Seperti Biasa

Achmasd Syauqi - detikNews
Merapi Cerah Hari ini, Warga Beraktivitas Seperti Biasa Foto: Achmad Syauqi/detikcom
Klaten - Gunung Merapi sempat mengeluarkan awan panas kemarin. Cuaca di puncak Gunung Merapi hari ini terpantau lebih cerah dari biasanya. Masyarakat beraktivitas seperti biasa dan tidak ada persiapan khusus.

"Sejak pagi puncak terlihat cerah, lebih cerah dari biasanya. Sinyal di radio juga landai," kata Sekretaris Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Basuki pada detikcom, Minggu (10/11/2019) siang.

Menurut Basuki, awan panas letusan bukan kali pertama terjadi tahun ini. Masyarakat di desanya mulai terbiasa menghadapi situasi semacam itu.

Warga paling hanya kaget sebentar dan setelah itu kembali beraktivitas seperti biasa. Ada yang ke tegalan atau ke sungai mencari pasir.

Namun demikian, warganya dan pemerintah desa tetap waspada. Koordinasi dengan relawan dan Pemkab rutin dilakukan. Apabila ada hal yang mengkhawatirkan bisa langsung ditindaklanjuti.

Sebagaimana diberitakan awan panas letusan Gunung Merapi terjadi Sabtu (9/11/2019) pukul 06.21 WIB dengan durasi 160 detik dan ketinggian kolom 1.500 meter.

Kepala Pelaksana BPBD Pemkab Klaten, Sip Anwar mengatakan cuaca sejak pagi cerah. Bahkan tidak ada kabut di puncak saat pagi.

"Puncak terlihat jelas dan tidak ada laporan dari desa atau relawan bunyi gemuruh seperti sebelumnya. Masyarakat seperti tidak terpengaruh," ungkapnyanya.

Namun demikian patroli dan koordinasi terus dilakukan. Mengingat awan panas letusan sudah beberapa kali terjadi.

Untuk meningkatkan kewaspadaan, pekan depan BPBD akan mulai mengadakan sosialisasi pengurangan risiko bencana di tiga desa. Desa Balerante, Tegalmulyo dan Sidorejo, Kecamatan Kemalang.

Setiap desa akan diwakili 50 peserta. Terutama dari satu kepala keluarga (KK) akan diikutsertakan satu. Wakil yang ikut itu akan diharapkan melanjutkan sosialisasi ke keluarga dan tetangga terdekat bagaimana menyikapi kondisi Gunung Merapi



Tonton juga video Gunung Merapi Semburkan Awan Panas:

[Gambas:Video 20detik]





(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com