detikNews
2019/11/08 18:49:45 WIB

Busyro Apresiasi Pemberian Gelar Pahlawan Nasional ke Tokoh UII, Tapi...

Usman Hadi - detikNews
Halaman 1 dari 2
Busyro Apresiasi Pemberian Gelar Pahlawan Nasional ke Tokoh UII, Tapi... Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada 6 tokoh Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/11/2019). Foto: Rengga Sancaya
Yogyakarta - Dosen Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Busyro Muqoddas mengapresiasi penganugerahan gelar pahlawan nasional kepada dua eks Rektor UII Prof Abdul Kahar Mudzakkir (periode 1945-1960) dan Prof M Sardjito (1964-1970).

Namun Busyro memberikan sejumlah catatan. Salah satunya meminta agar dunia akademis di kampus tidak diganggu oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab di pemerintahan, dan elite politik diminta untuk tak melempar isu remeh ke dunia kampus.

"Itu (penganugerahan gelar pahlawan nasional merupakan) pengakuan negara terhadap kepemimpinan Pak Kahar Mudzakkir (dan Sardjito)," kata Busyro kepada wartawan Kantor PP Muhammadiyah, Jalan Cik Ditiro No. 23, Yogyakarta, Jumat (8/11/2019).


"Sesungguhnya yang penting bukan hanya pengakuan, tapi kemudian menjadikan bagaimana kampus itu yang pernah sukses dipimpin beliau (Kahar dan Sardjito) itu jangan diganggu," lanjut Ketua Bidang Hukum, HAM dan Kebijakan Publik PP Muhammadiyah itu.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com