detikNews
Jumat 08 November 2019, 07:56 WIB

Jembatan Pemali Ditutup 4 Hari, Truk Jalur Pantura Dilewatkan Tol

Imam Suripto - detikNews
Jembatan Pemali Ditutup 4 Hari, Truk Jalur Pantura Dilewatkan Tol Jembatan Sungai Pemali. (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes - Mulai hari ini, jembatan sebelah selatan yang melintang di Sungai Pemali di Brebes, Jawa Tengah, ditutup untuk empat hari ke depan. Arus lalu lintas kendaraan mengalami perubahan selama penutupan jembatan itu.

Penutupan jembatan ini terkait mulai dilakukannya perbaikan di bagian chamber. Bagian jembatan ini melengkung akibat beban kendaraan dan akan dinormalkan kembali. Proses perbaikan jembatan akan dimulai tanggal 8 hingga 11 November mendatang.

KBO Lantas Polres Brebes, Iptu Suratman, saat dikonfirmasi menjelaskan, selama proses perbaikkan, arus lalu lintas mengalami perubahan. Kendaraan besar seperti truk akan dialihkan melalui jalan tol, baik melalui Brebes barat maupun timur.


Sejumlah rambu-rambu lalu lintas dan petunjuk jalan sudah dipasang di beberapa titik, baik dari arah timur (Semarang) maupun barat (Jakarta).

"Ditutup mulai Jumat ini selepas salat Jumat. Sebelumnya kami sudah menyebarkan informasi rekayasa lalu lintas tersebut," ujar Iptu Suratman, Jumat (8/11/2019) pagi.

Untuk membantu pengemudi selama pengalihan arus, kata Suratman, rambu-rambu dan petunjuk arah, sudah dipasang di titik-titik yang akan dilalui bus dan truk. Mulai dari Kaligangsa yang merupakan perbatasan Brebes - Tegal, pintu tol, dan jalur tengah.

"Rambu-rambu itu sudah dipasang di perbatasan Brebes-Tegal, tepatnya di Kaligangsa sebelum masuk pintu tol Brebes Timur atau Brexit. Sementara di sebelah barat dipasang di pintu tol Pejagan, Bulakamba, dan pertigaan Klampok atau pintu tol Brebes Barat. Selanjutnya di jalur tengah di pertigaan Jatibarang," jelasnya.


Ditambahkan Suratman, pengalihan arus lalulintas itu tidak berlaku bagi kendaraan kecil. Kendaraan roda empat kecil dan sepeda motor, semua akan dialihkan melalui jembatan sebelah utara.

"Jembatan selatan harus steril, tidak boleh dilalui kendaraan apapun. Nanti selama empat hari jembatan utara akan dilewati kendaraan dari arah barat meupun timur," tambahnya.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com