Kahar Mudzakkir dan Sardjito Ditetapkan Sebagai Pahlawan Nasional

Usman Hadi - detikNews
Jumat, 08 Nov 2019 07:25 WIB
Kahar Mudzakkir. (Foto: Istimewa)
Yogyakarta - Dua eks Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, yakni almarhum Prof KH Abdul Kahar Mudzakkir dan almarhum Prof dr M Sardjito dianugerahi gelar pahlawan nasional tahun 2019. Kepastian itu dikonfirmasi oleh Rektor UII Yogyakarta, Fathul Wahid.

"Iya (Kahar Mudzakkir dan Sardjito dianugerahi gelar pahlawan nasional). Itu dari kabar yang kami terima dari Dinas Sosial DIY dan juga dari keluarga, jadi ada dua usulan yang UII terlibat itu disetujui oleh Presiden," jelas Fathul kepada detikcom, Jumat (8/11/2019).

"Kami keluarga besar UII juga bangga karena dua mantan Rektor kami Bapak Abdul Kahar Mudzakkir dan Bapak Sardjito diberi gelar pahlawan oleh Presiden. Hari ini (rencananya) disampaikan kepada keluarga dan juga didampingi oleh Gubernur," sambungnya.


Kahar Mudzakkir merupakan salah satu perintis UII, yang dulunya bernama Sekolah Tinggi Islam (STI). STI didirikan di Jakarta pada 8 Juli 1945, dan baru dibuka di Yogyakarta pada 10 April 1946. STI menjadi universitas pada 1947 berkedudukan di Yogya.

"Pak Kahar Mudzakkir itu (rektor) tahun 1945 sampai 1960. Pak Kahar ini rektor perintis, beliau adalah peletak dasar, penyemai nilai di UII, nilai keislaman, nilai kebangsaan, termasuk nilai koligalitas, nilai Itu disemai beliau di awal-awal," terang Fathul

Sementara Sardjito adalah rektor ketiga UII yang menjabat tahun 1964-1970. Di bawah kepemimpinan Sardjito, UII berhasil membuka sejumlah fakultas di berbagai daerah. Dan di akhir kepemimpinan Sardjito, UII sudah mempunyai 22 fakultas di 8 kota.

"Pak Sardjito ini adalah tipe pelebat manfaat. Ketika UII di bawah kepemimpinan beliau, UII berkembang sangat pesat, UII membuka cabang di banyak kota. Tercatat ketika di bawah beliau itu ada tambahan cabang baru di lima kota," sebut Fathul.
Selanjutnya
Halaman
1 2