detikNews
Rabu 06 November 2019, 19:31 WIB

Razia Illegal Logging di Blora, Ratusan Batang Kayu Jati Disita

Arif Syaefudin - detikNews
Razia Illegal Logging di Blora, Ratusan Batang Kayu Jati Disita Ratusan batang kayu jati diduga ilegal diangkut ke Mapolres Blora, Rabu (6/11/2019). (Arif Syaefudin/detikcom)
Blora - Ratusan batang kayu jati tak bersurat dengan ukuran bervariatif diamankan aparat gabungan dalam razia illegal logging di Kabupaten Blora. Razia menyasar empat titik di wilayah Desa Jatiklampok, Kecamatan Banjarejo.

"Ada ratusan batang kayu jati ilegal kami amankan. Ketika kami angkut, total ada tiga unit truk. Semua barang bukti kami amankan dari empat lokasi, ada yang dari pekarangan rumah, disimpan di dalam rumah, dan kandang rumah warga," kata Kasat Reskrim Polres Blora AKP Herry Dwi Utomo, Rabu (6/11/2019).


Hanya, dalam razia tersebut petugas tidak menemukan pemilik kayu-kayu yang diduga ilegal tersebut. Herry menyebut saat ini petugas tengah melakukan penyelidikan guna menangkap para pemilik kayu itu.

"Untuk pemiliknya masih kami lakukan lidik lagi. Saat kami datangi, orang-orangnya melarikan diri," akunya.

Razia Illegal Logging di Blora, Ratusan Batang Kayu Jati DisitaRatusan batang kayu jati diduga ilegal diangkut ke Mapolres Blora, Rabu (6/11/2019). (Arif Syaefudin/detikcom)

Ratusan kayu jati beragam ukuran itu diprediksi senilai Rp 75 juta. Kini barang bukti telah diamankan di Mapolres Blora guna penyelidikan lebih lanjut.

"Iya tadi yang berhasil diamankan dari empat lokasi. Berupa kayu yang berbentuk gelondong maupun persegi. Kalau ditotal kerugiannya sekitar Rp 75 juta," terang Wakil ADM KPH Randublatung, Agus Kusnandar.

Adapun aparat gabungan dalam razia tersebut berasal dari Polres Blora, Perhutani, dan Kodim 0721/Blora.


Simak juga video "Bawa Kayu Ilegal dan Bahan Kimia, 'Nur Azizah' Diamankan di Balabalakang" :

[Gambas:Video 20detik]


(rih/rih)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com