Pantun, Gamelan dan Pencak Silat Akan Disidangkan untuk Jadi Warisan Dunia

Usman Hadi - detikNews
Selasa, 05 Nov 2019 15:55 WIB
Kepala Subdirektorat Warisan Budaya Tak Benda Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya Kemendikbud, Binsar Simanullang (Usman Hadi/detikcom)

"Jadi ketika itu (pengajuan gamelan sebagai warisan budaya dunia) kami bekerja sama dengan ISI Solo dan dengan pihak Kementerian untuk melengkapi semua berkas itu, dan sebelum April kemarin kami sudah kirimkan ke UNESCO berkasnya," tuturnya.

Sama seperti gamelan, Kemendikbud sudah melengkapi dokumen persyaratan pengajuan pencak silat ke UNESCO. Binsar berharap, lengkapnya dokumen persyaratan yang diajukan bisa meloloskan ketiga budaya Indonesia itu.

"(Untuk pencak silat) kami sudah maksimal untuk melakukan pengisian atau pengajuannya. Kami berkerja sama dengan berbagai komunitas pencak silat yang ada di Indonesia, khususnya dari Jawa Barat dan Sumatera Barat," terang Binsar.


Jika ketiga warisan budaya Indonesia itu lolos, akan semakin banyak budaya Indonesia yang diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Seperti diketahui, kini telah ada sembilan budaya Indonesia yang telah menjadi warisan budaya dunia.

"Dari yang 1.086 warisan budaya tak benda Indonesia yang sudah ditetapkan (pemerintah), ada sembilan yang ditetapkan oleh UNESCO, ada sembilan. Salah satunya adalah batik, yang berkaitan dengan tekstil tradisional," sebut Binsar.
Halaman

(ush/sip)