Viral Video Mobil Damkar 'Tabrak' Sejumlah Motor di Pati

Arif Syaefudin - detikNews
Jumat, 01 Nov 2019 21:06 WIB
Tangkapan layar video viral di Facebook, Jumat (1/11/2019). Foto: Istimewa
Tangkapan layar video viral di Facebook, Jumat (1/11/2019). Foto: Istimewa
Pati - Video menayangkan peristiwa sebuah mobil pemadam kebakaran (damkar) diduga menabrak sejumlah sepeda motor yang terparkir di pinggir jalan viral di media sosial.

Saat dilihat detikcom, Jumat (1/11/2019) malam, video diunggah pada 31 Oktober pukul 11.04 oleh akun Facebook bernama Toni dan dikirim ke akun E100. Dalam unggahan tertulis keterangan 'Damkar kabupaten Pati josss tenan... Motor parkir sembarangan akhirnya di terak semua ekekwkwk.'

Unggahan tersebut telah ditonton lebih dari 165 ribu kali, mendapat 1.021 tanggapan, 875 komentar dan dibagikan sebanyak 818 kali.

Video berdurasi 11 detik itu menayangkan laju mobil damkar dengan sirine meraung. Terdapat tulisan 'Pemadam Kebakaran Kab. Pati' pada sisi mobil. Meski tak tampak jelas, namun terdengar suara benturan seperti mobil damkar itu menabrak sepeda motor yang terparkir di pinggir jalan. Terdapat beberapa orang di dekat motor tersebut.


Saat dimintai konfirmasi, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, Hadi Santosa, membenarkan yang di dalam video tersebut adalah mobil damkar milik BPBD Pati.

"Ya, betul itu mobil damkar Kabupaten Pati. Kejadian kapan dan di mana kami belum mengeceknya," kata Hadi kepada detikcom melalui pesan WhatsApp, Jumat (1/11/2019).

Viral Video Mobil Damkar 'Tabrak' Sejumlah Motor di PatiTangkapan layar video viral di Facebook, Jumat (1/11/2019). Foto: Istimewa

Hadi menyebut, anggotanya selama ini memang sering menjumpai keadaan di mana warga justru menutup akses menuju titik kejadian kebakaran dengan parkir sepeda motor sembarangan.

"Dalam kenyataannya memang kami sering kesulitan masuk lokasi kebakaran karena jalan sempit dan banyak parkir kendaraan warga yang menonton," ungkapnya.

Ia mengakui baru mengetahui video yang viral tersebut. Ia pun belum sempat mengonfirmasi siapa anggotanya yang mengendarai mobil damkar tersebut.

"Belum, ini juga baru tahu (video)," pungkasnya. (rih/rih)