Pasang Tarif Nuthuk, 4 Jukir Lawang Sewu Semarang Ditangkap Polisi

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Jumat, 01 Nov 2019 17:46 WIB
Lokasi parkir kawasan Lawang Sewu, Semarang. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Kepolisian yang tergabung dalam Tim Saber Pungli Kota Semarang mengamankan empat juru parkir di kawasan wisata Lawang Sewu. Mereka ditangkap karena menarik tarif parkir dengan jumlah tidak wajar.

"Mereka menarik retribusi parkir di kawasan tempat wisata dengan tarif tidak sewajarnya, bus besar dikenai tarif antara Rp 50 sampai 70 ribu, sepeda motor dan mobil di kisaran antara Rp5 sampai 10 ribu. Ini membuat pariwisata di Kota Semarang tercoreng," kata Ketua Tim Saber Pungli kota Semarang AKBP Enriko Silalahi di kantornya, Jumat (1/11/2019).

Empat orang yang diamankan yaitu Supriyanti (51), Dandi Mahendra (22) warga Semarang Barat, Sungkono (44) warga Semarang Tengah, dan Suwanto (51) warga Pedurungan. Mereka ditangkap Kamis (31/10) siang.

Setelah diamankan, para juru parkir itu diproses hukum tindak pidana ringan (Tipiring).


"Kita sedang gelar perkara agar pelaku bisa dijerat dengan pasal ini. Karena kalau dengan Tipiring saja, mereka tidak kena hukuman badan dan tidak ada efek jera," pungkasnya.

Ia menjelaskan sebenarnya penindakan di lokasi tersebut sudah pernah dilakukan dengan mengamankan juru parkir liar. Ternyata menurut Enrico yang ditangkap kali ini beda kelompok.

Selanjutnya
Halaman
1 2