detikNews
2019/10/29 15:03:14 WIB

Begini Kata Sultan Yogya soal Mitos Dilarang Berbaju Hijau di Parangtritis

Usman Hadi - detikNews
Halaman 1 dari 2
Begini Kata Sultan Yogya soal Mitos Dilarang Berbaju Hijau di Parangtritis Sri Sultan Hamengku Buwono X (Usman Hadi/detikcom)
Yogyakarta - Mitos yang menyebut ada larangan menggunakan pakaian berwarna hijau saat berada di pesisir Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), terutama Pantai Parangtritis, sudah tak asing lagi bagi warga Yogyakarta, bahkan wisatawan dari luar daerah. Saat ditanya soal mitos itu, bagaimana jawaban Gubernur DIY dan juga Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan HB X?

"Ora ngerti aku (tidak tahu saya)," kata Sultan kepada wartawan menanggapi mitos larangan berbaju hijau di Pantai Parangtritis, Selasa (29/10/2019).

Sultan memilih menanggapi santai berkembangnya mitos itu hingga saat ini. Ia tidak mengajak atau menganjurkan orang untuk mempercayainya.

"Ya terserah orangnya (dalam menanggapi mitos itu) to, kok tanya saya. Ya terserah saja orang melihatnya," pungkas dia.

Seperti diketahui, berkembang mitos soal larangan mengenakan baju hijau saat berkunjung ke Pantai Parangtritis. Mitos ini juga sempat viral beberapa bulan yang lalu di salah satu platform medsos.


Sebelumnya, detikcom berbincang dengan peneliti madya Bidang Oseanografi Terapan, Pusat Riset Kelautan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Widodo Pranowo pada Juni 2019.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com