Aksi di Tugu Pal Putih Yogya, Massa Fokus Bikin Panggung Rakyat

Pradito Rida Pertana - detikNews
Senin, 28 Okt 2019 21:00 WIB
Aksi Aliansi Rakyat Bergerak (ARB) di Yogya. -- Foto: Pradito R Pertana/detikcom
Yogyakarta - Usai melakukan longmarch dari bundaran UGM, Aliansi Rakyat Bergerak (ARB) melanjutkan aksinya di Tugu Pal Putih dengan menggelar panggung rakyat. Keberadaan panggung rakyat untuk mengedukasi masyarakat melalui pertunjukan seni.

Pantauan detikcom, sesampainya di Tugu Pal Putih Yogyakarta, massa ABR memadati sebelah timur Tugu tersebut. Terdengar beberapa kali sang orator yang berada di atar bak mobil pikap menginstruksikan untuk menutup 3 jalur di Tugu Pal Putih.

Akibat aksi tersebut, arus lalu lintas dari arah timur, yakni Jalan Sudirman ke arah barat, utara maupun selatan sempat tersendat. Kendati demikian, kondisi itu hanya berlangsung sementara dan pengguna jalan bisa melintas kembali, meski dari arah timur ke selatan belum bisa dilewati karena terdapat panggung rakyat.


Humas ARB, Nailendra menjelaskan, bahwa konsep dalam aksi kali ini memang berbeda dengan aksi #GejayanMemanggil. Mengingat dalam aksi kali ini ARB lebih condong ke pertunjukan seni melalui keberadaan panggung rakyat.

"Dalam aksi kali ini kami menggunakan media panggung bergerak dan karnaval demokrasi sebagai cara penyadaran edukasi ke masyarakat yang lebih luas. Karena kami di sini ingin mengedukasi kalau Indonesia sedang tidak baik-baik saja," katanya saat ditemui di Tugu Pal Putih, Senin (28/10/2019).
Selanjutnya
Halaman
1 2