Sumpah Pemuda, Warga Pinggir Sungai Yogya Bentangkan Sang Merah Putih Raksasa

Pradito Rida Pertana - detikNews
Senin, 28 Okt 2019 11:22 WIB
Bendera Merah Putih raksasa dibentangkan di pinggir Sungai Winongo, Kota Yogyakarta. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Yogyakarta - Warga RT 12 Kampung Sudagaran, Kelurahan Tegalrejo, Kota Yogyakarta memperingati hari Sumpah Pemuda dengan melaksanakan upacara di pinggir Sungai Winongo. Dalam upacara tersebut, mereka membentangkan bendera merah putih berukuran raksasa.

Ketua RW 12, Wahyu Singgih menjelaskan, bahwa pengibaran bendera merah putih berukuran raksasa ini baru pertama kali dilakukan oleh warganya. Menurutnya, ide pengibaran bendera merah putih tersebut berasal dari mahasiswa KKN Universitas Janabadra.

"Jadi koordinator KKN, Mas Rimbun itu mengajukan ide ke kita kalau mau membuat sesuatu yang bisa menggugah semangat remaja wilayah sini," katanya saat ditemui di pinggir Sungai Winongo, RT 12 Kampung Sudagaran, Kelurahan Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Senin (28/10/2019).


"Terus dia bilang caranya dengan melaksanakan upacara sama membentangkan bendera merah putih berukuran 18 kali 28 meter ini," imbuh Wahyu.

Mendengar ide tersebut, warga menyetujuinya dan langsung melakukan persiapan bersama mahasiswa KKN tersebut. Wahyu menyebut, persiapan upacara dan membentangkan bendera raksasa ini membutuhkan waktu tiga hari.

Selanjutnya
Halaman
1 2