detikNews
2019/10/27 21:18:00 WIB

Begini Kronologi Napi Kabur dari Rutan Wates Kulon Progo

Pradito Rida Pertana - detikNews
Halaman 1 dari 4
Begini Kronologi Napi Kabur dari Rutan Wates Kulon Progo Foto: Pradito R Pertana/detikcom
Kulon Progo - Sebanyak 5 napi (sebelumnya dilaporkan 3 napi) melarikan diri dari Rutan Klas II B Wates dengan cara melompat tembok belakang Rutan. Seorang napi terkapar karena gagal meloncat tembok dan 2 di antaranya berhasil tertangkap. Begini kronologi kejadiannya.

Slamet (55), warga Beji, Wates, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo menjelaskan, ia sempat mengetahui proses melarikan diri 3 napi dari Rutan Klas II B Wates. Menurutnya, kejadian itu terjadi saat waktu salat ashar.

"Jadi habis salat asar itu saya duduk di depan rumah, saya lihat kok ada orang meloncat dari pagar belakang pojokan Rutan, lalu orang itu nyebrang dan jalan ke arah sawah," katanya saat ditemui detikcom di kediamannya, Beji, Wates, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo, Minggu (27/10/2019) malam.

"Terus larinya orang itu terpincang-pincang sambil nengok ke belakang itu," imbuh Slamet.


Mendapati hal tersebut, Slamet tidak curiga dan kembali ke rumahnya. Ia tidak curiga karena menduga orang tersebut pulang dari acara yang digelar di depan Rutan.

"Saya belum sadar itu, saya kira orang itu pulang dari acara PBB di depan Rutan. Nah, pas saya mau kembali ke sini ada 2 orang di bawah menara (pos pantau pojokan Rutan)," katanya.

"Satu orang bisa lompat keluar (dari tembok Rutan) dan lari ke utara dengan tubuh penuh lumpur itu dan satunya lagi terkapar di bawah menara. Yang terkapar itu jatuh kayaknya wong ada bekas darah di bawah menara dan tasnya masih nyantol di pagar berduri," sambung Slamet.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com