detikNews
2019/10/27 17:10:42 WIB

Yuk Belajar Membuat Bundengan, Alat Musik Asli dari Lereng Dieng

Uje Hartono - detikNews
Halaman 1 dari 3
Yuk Belajar Membuat Bundengan, Alat Musik Asli dari Lereng Dieng Workshop pembuatan alat musik bundengan. -- Foto: Uje Hartono/detikcom
Wonosobo - Bundengan adalah alat musik unik dari Wonosobo. Sekilas melihat bentuknya tidak menyangka akan menghasilkan musik komplit seperti gamelan. Kekhasan inilah yang ingin dihidupkan melalui even What is Bundengan (WIB) 2019.

Even yang digelar di Dusun Ngabean, Desa Maduretno, Kecamatan Kalikajar, Wonosobo ini menghadirkan peserta dari berbagai kota di Indonesia. Seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo dan kota lainnya.

Panitia What is Bundengan (WIB) 2019 Luqmanul Chakim mengatakan, peserta event WIB ini diajak untuk melihat langsung tentang konservasi alat musik etnik asal Wonosobo. Apalagi saat ini keberadaan Bundengan nyaris punah.

"Para peserta live-in di Dusun Ngabean. Di dusun ini merupakan tempat tinggal Pak Barnawi yang mulai mengembangkan dan mengenalkan kembali alat musik Bundengan di awal tahun 2000-an," ujarnya, Minggu (27/10/2019).


Yuk Belajar Membuat Bundengan, Alat Musik Asli Kawasan DiengFoto: Uje Hartono/detikcom

Dengan even WIB ini diharapkan mampu mengenalkan alat musik Bundengan kepada generasi muda. Ia menjelaskan, alat musik petik ini awalnya digunakan sebagai penutup kepala. Namun, dengan diberi senar mampu mengeluarkan suara musik komplit seperti gamelan.

"Bundengan ini alat musik petik berbahan alam. Dulunya sebagai penutup kepala agar terlindung dari hujan," terangnya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com