Ada Batik Carnival di Pawai Hari Santri Kelilingi Alun-alun Kudus

Akrom Hazami - detikNews
Minggu, 27 Okt 2019 12:29 WIB
Pawai Hari Santri 2019 di Kudus. -- Foto: Akrom Hazami/detikcom
Kudus - Kostum batik karnaval turut meramaikan peringatan Hari Santri Nasional 2019 di Alun-alun Simpang Tujuh, Kudus, Minggu (27/10/2019). Ribuan santri dan santriwati dari pondok pesantren hingga madrasah ikut ambil bagian.

Sejak pagi hari, santri mulai berdatangan ke lokasi acara yang berpusat di depan kantor Bupati Kudus. Dengan barisan depannya adalah peserta dengan kostum batik karnaval. Peraga batik karnaval menjadi ujung tombak. Di belakangnya, barisan santri membentangkan spanduk bertuliskan asal lembaga pendidikannya.


Barisan santri ini memenuhi Jalan Sunan Kudus. Begitu start dimulai, barisan mulai bergeser terus ke depan melewati depan kantor bupati Jalan Simpang Tujuh, Jalan A Yani, Jalan Wahidin Sudirohusodo, Jalan Ramelan, dan finish kembali ke alun-alun.
Ada Batik Carnival di Pawai Hari Santri Kelilingi Alun-alun KudusPawai Hari Santri 2019 di Kudus. -- Foto: Akrom Hazami/detikcom

Ada beberapa lagu yang mereka lantunkan sepanjang berjalan kaki keliling kota, mulai dari syair, selawatan hingga lagu mars kebangsaan.


Tahun ini, tagline santri adalah Santri Unggul Indonesia Makmur. "Kalau tahun kemarin, Bersama Santri, Damailah Negeri. Sebelumnya, Santri Mandiri NKRI Hebat. Ini ada keterkaitan dengan judul awal, judul terakhir," Ketua Penyelenggara Hari Santri Nasional 2019 Kudus, Mawahib Afkar.

Afkar mengatakan hari ini ribuan santri di Kabupaten Kudus yang dilibatkan. Mereka seluruhnya dari. Mereka datamng dari dua domain, yakni para pelajar di lingkungan kemenag serta sejumlah madrasah di lingkungan LP Maarif di bawah naungan NU.
Ada Batik Carnival di Pawai Hari Santri Kelilingi Alun-alun KudusPawai Hari Santri 2019 di Kudus. -- Foto: Akrom Hazami/detikcom
(mbr/mbr)