BMKG Prediksi Suhu di Pantura Akan Panas Optimal hingga 34,6 Derajat

Imam Suripto - detikNews
Jumat, 25 Okt 2019 17:01 WIB
Kantor BMKG Kota Tegal. Foto: Imam Suripto/detikcom
Tegal - BMKG Kota Tegal memprediksi suhu di wilayah Pantura Jawa akan panas optimal hingga akhir Oktober 2019. Suhu panasnya akan mencapai 34,6 derajat Celsius.

"Panas yang diberikan matahari ke wilayah pulau Jawa memang rasanya paling optimal di bulan-bulan (Oktober) ini. Ditambah lagi masih pada musim kemarau jadi panas yang diterima rasanya lebih panas dari bulan-bulan lain," jelas Forecaster (Prakirawan) BMKG Tegal, Ida Sartika SST di Kantor BMKG Jalan Kolonel Sugiono Kota Tegal, Jumat (25/10/2019).

Untuk wilayah Tegal dan sekitarnya, kata dia, selama tiga hari ke depan pada pagi hari cuacanya cerah hingga cerah berawan. Siang sampai sore hari, cerah berawan hingga berawan. Untuk malam hari, cerah berawan sampai dini hari.


"Untuk Tegal dan sekitarnya, suhu paling tinggi 34,6 derajat celcius. Ditambah lagi pengaruh kemarau dan matahari persis di atas pulau Jawa sehingga terasa lebih panas dibanding bulan lain," imbuhnya.

Prakirawan BMKG Tegal, Ida Sartika S.ST.Prakirawan BMKG Tegal, Ida Sartika S.ST. Foto: Imam Suripto/detikcom

Meski panas, kata Ida, kondisi ini bukan cuaca ekstrem. Diitambah lagi, Ida menegaskan bahwa kabar gelombang panas adalah tidak benar. Terkait hal itu pihak BMKG sudah mengeluarkan rilis bahwa gelombang panas adalah hoaks.


Sejauh ini, gelombang panas tidak pernah terjadi di Indonesia. Gelombang panas, kata Ida, hanya terjadi hanya di wilayah sub tropis.

"Memang awan yang menutupi di wilayah pulau Jawa itu hampir tidak ada hingga cerah berawan. Jadi panas matahari yang kita terima rasanya optimal, terasa semakin panas," pungkas Ida Sartika.
Halaman

(sip/sip)