detikNews
Rabu 23 Oktober 2019, 13:27 WIB

Kebakaran Hutan Masih Terjadi di Jateng, Ini Kata Ganjar Pranowo

Rinto Heksantoro - detikNews
Kebakaran Hutan Masih Terjadi di Jateng, Ini Kata Ganjar Pranowo Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Purworejo, Rabu (23/10/2019). Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Purworejo - Kebakaran hutan masih saja terjadi di sejumlah titik di wilayah Jawa Tengah. Gubernur Ganjar Pranowo meminta semua pihak siaga meski upaya penanganan telah terkoordinasi dengan baik.

"Beberapa waktu lalu kita minta untuk water bombing, tapi karena kondisi peralatan terbatas dan masih dipakai di Kalimantan dan sebagainya maka kita secara tradisional alhamdulillah masih bisa tertangani dengan baik," kata Ganjar ketika ditemui detikcom di sela acara Apel Siaga Penyuluh Kehutanan dan Kampanye Penyuluhan di Pantai Jatimalang, Purworejo, Rabu (23/10/2019).

"Tapi saya minta siaga karena ternyata masih berlanjut terus kan. Masyarakat kita ajak untuk terlibat dengan baik menjaga dan mencegah," sambungnya.


Ganjar menyebutkan bahwa hingga saat ini penyebab terjadinya kebakaran belum bisa diketahui secara pasti. Namun, sebagian besar kebakaran diduga karena kesalahan manusia. Akibat kebakaran tersebut, beberapa jalur pendakian gunung pun ditutup.

"Belum pernah kita ketahui secara pasti apa yang terjadi, tapi paling banyak pasti human, akibat human. Maka daerah pendakian kita tutup aja dulu atau kalau mau naik kita data betul agar mereka bisa sama-sama menjaga dan bertanggung jawab. Karena di luar itu (kesalahan manusia) relatif tidak ada kok, di luar human apa si, gesekan ilalang nggak, kita pernah mempraktikkan kok," ujarnya.


Selain itu, Ganjar mengingatkan soal prediksi para ahli bahwa debit air Pulau Jawa akan berkurang pada pada tahun 2040.

"Tahun 2040 Jawa habis airnya. Saya tidak tahu bagaimana menjaga itu. Untuk itu, penyuluh menjadi peran sentral. Jateng ijo royo-royo masih kurang, perlu kita genjot lagi," tutupnya.
(rih/rih)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com