detikNews
2019/10/21 21:28:20 WIB

Nelayan Cilacap Pakai Aplikasi HP Saat Cari Ikan

Arbi Anugrah - detikNews
Halaman 1 dari 2
Nelayan Cilacap Pakai Aplikasi HP Saat Cari Ikan Foto: Arbi Anungrah/detikcom
Cilacap - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus mendorong nelayan di seluruh Indonesia agar dapat menggunakan E-Logbook. Tujuannya untuk pendataan nelayan saat mencari ikan di lautan.

"Tujuan log book elektronik ini untuk pendataan lebih akurat dan terintegrasi dengan GPS, jadi lokasi dimana nelayan menangkap (ikan) kami bisa tahu," kata Pengelola Produksi Perikanan Tangkap KKP, Edwison Setya Firmana kepada wartawan di Cilacap, Senin (21/10/2019).

Menurut dia, log book sudah mulai dibuat sejak 2010. Namun masih dengan format kertas, dan mulai tahun 2018 pihaknya mulai mencoba beralih ke elektronik. Sebab dengan menggunakan aplikasi elektronik ini pengiriman data dari para nelayan lebih cepat.

"Kami buat aplikasi log book yang tadinya di kertas kita pindah ke elektronik. Jadi nelayan ngisinya langsung dari handphone," jelasnya.

Log book sendiri, lanjut dia merupakan catatan harian tangkapan dari para nelayan. Setiap kali mereka akan melaut harus disetting untuk mengetahui dimana saja titik mereka mencari ikan. Log book juga merupakan laporan harian nakhoda mengenai kegiatan perikanan dan operasional harian kapal penangkap ikan.

"Kalau dulu dikertas, mereka harus nulis, banyak yang mereka tulis. Ada nama kapal, alat tangkapnya apa, nama ABK siapa, jumlah ABK berapa. Dengan log book elektronik data kapal sudah langsung masuk, jadi nahkodanya tidak perlu ngisi-ngisi lagi," katanya.

"Settingnya juga lebih mudah, penggunaannya lebih cepat dan yang jelas ketika sampai di Syah bandar itu dan kirim data itu langsung masuk di kantor kami di Jakarta dan nanti Syah bandar sini tinggal menarik data dari database," jelas Edwison.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com