detikNews
2019/10/17 17:47:07 WIB

Polisi Amankan Ratusan Batang Kayu Ilegal, Dua Pelaku Diringkus

Imam Suripto - detikNews
Halaman 1 dari 2
Polisi Amankan Ratusan Batang Kayu Ilegal, Dua Pelaku Diringkus Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes - Sebanyak 118 buah kayu glondongan hasil ilegal loging diamanakan Polres Brebes, Jawa Tengah. Dua orang pelaku juga diamankan saat akan membawa kayu tersebut. Satu orang lagi masih buron.

Barang bukti kayu ilegal yang diamankan adalah jenis sonokeling. Kayu kayu ini disita saat diangkut sebuah truk di Jalan Raya Bumiayu Desa Dukuhturi, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes. Dua orang yang membawa kayu itu diringkus dan ditahan di mapolres. Sementara satu orang yang diduga pemilik kayu hingga kini masih buron dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polres Brebes.

D
ua orang yang ditangkap adalah Wandi Safangat bin Karsidin (36), selaku sopir truk, warga Desa Sudimara, Cilongok, Kabupaten Banyumas. Kemudian, Dede Irawan (26) selaku kernet truk, warga Dukuh Maribaya, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes.

"Satu orang buron. Dia pemilik kayu ilegal," ujar Kasat Reskrim Polres Brebes, AKP Triagung Suryomicho di mapolres, Kamis (17/10/2019).

Dia mengungkapkan, kasus kayu ilegal itu terungkap berawal informasi warga. Dalam laporan disebutkan adanya pengangkutan hasil hutan berupa kayu jenis sonokeling, yang diduga tidak dilengkapi dokumen resmi. Atas informasi tersebut, anggotannya melakukan pengecekan dan pengejaran.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com