detikNews
2019/10/17 16:13:14 WIB

6 Mobil Rental Hasil Penipuan Diamankan dari Pelabuhan Semarang

Eko Susanto - detikNews
Halaman 1 dari 2
6 Mobil Rental Hasil Penipuan Diamankan dari Pelabuhan Semarang Polres Magelang Kota ungkap kasus penipuan mobil rental, Kamis (17/10/2019). Foto: Eko Susanto/detikcom
Magelang - Polres Magelang Kota mengungkap kasus penipuan mobil rental. Polisi mengamankan tersangka beserta barang bukti 6 unit mobil dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Mobil itu rencananya akan dikirim ke Kalimantan untuk dijual.

"Tersangka yang diamankan tiga orang. Barang bukti yang diamankan jajaran Satreskrim Polres Magelang Kota saat ini adalah 6 mobil," kata Kapolres Magelang Kota AKBP Idham Mahdi di Mapolres Magelang Kota, Kamis (17/10/2019).

Tiga tersangka bernama Donny Setyawan (28), warga Bandongan, Magelang, yang berperan mencari korban. Kemudian Vicky Sulfikar (27), warga Delik, Tuntang, Kabupaten Semarang, yang memiliki ide dan menyediakan uang.

Terakhir, Gilang Vandika Saputra alias Dika (22), warga Krobokan, Semarang Barat, Kota Semarang, berperan membawa mobil kepada orang yang bisa mencabut GPS, mengantar mobil ke pelabuhan dan mengantar mobil menuju Kalimantan.


Para tersangka beraksi pada Minggu (6/10) sekitar pukul 23.00 WIB, di Jalan Bringin VIII, Tidar Selatan, Magelang Selatan, Kota Magelang. Awalnya tersangka Donny menyewa mobil bernopol AA 8745 N milik korban, Katon Dwi Cahyo (25), warga Magelang Selatan selama 2 hari dengan alasan akan digunakan untuk pergi menuju Bandungan, Kabupaten Semarang.

Namun pada Senin (7/10), sekitar pukul 15.00 WIB, korban menerima pemberitahuan melalui ponsel jika GPS yang terpasang di mobilnya dirusak. Korban lantas mencoba membuka GPS terakhir yang menunjukkan keberadaan mobil di Pelabuhan Tanjung Emas. Mengetahui hal itu, korban kemudian melapor ke polisi.

"Atas laporan ini, jajaran Reskrim Polres Magelang Kota mengejar sehingga berhasil diamankan 6 unit mobil," ujar Idham.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com