detikNews
2019/10/16 15:56:14 WIB

Ojol Disebut Jadi Pemicu Pesatnya Pertumbuhan UMKM di Kota Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ojol Disebut Jadi Pemicu Pesatnya Pertumbuhan UMKM di Kota Semarang Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang FX Bambang Suranggono. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang, menyebut UMKM bermunculan dengan cepat di Kota Semarang dua tahun terakhir. Salah satu penyebabnya yaitu adanya sistem pembelian online lewat operator ojek online.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang FX Bambang Suranggono mengatakan pertumbuhan UMKM terutama makanan di Kota Semarang cepat berkembang. Gofood dan Grabfood disebut memicu perkembangan tersebut.

"Banyak orang yang sebelumnya bekerja, memilih membuka usaha sendiri dengan berjualan melalui aplikasi seperti Gojek. Ini sangat positif bagi perekonomian di Semarang," kata Bambang dalam FGD di Kantor PWI Jateng, Semarang, Rabu (16/10/2019).


Menurut Bambang, pelaku usaha kecil di Kota Semarang ada 16.954 usaha dan pertumbuhan sudah pesat sejak awal 2018. Dan Bambang menyebut sebelum munculnya Gojek atau Grab, pertumbuhannya lambat.

"Sekitar 1.700 UMKM di Semarang terhubung dengan ojek online. Minat orang untuk memiliki usaha sendiri semakin besar, karena dengan Gojek seorang pengusaha makanan cukup membuka usahanya. Dengan modal yang tidak terlalu besar, tapi jangkauan pasarnya sangat luas. Ini untungnya jualan pakai teknologi," jelasnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com