detikNews
Selasa 15 Oktober 2019, 17:25 WIB

Pro-Purnomo Minta Gibran Belajar Etika ke Wali Kota Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Pro-Purnomo Minta Gibran Belajar Etika ke Wali Kota Solo Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
solo - Pendukung Achmad Purnomo di Pilwalkot Surakarta 2020 dengan tegas menolak pencalonan Gibran Rakabuming Raka. Gibran diminta belajar soal etika politik kepada Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo.

Hal tersebut terkait dengan kemunculan nama putra Wali Kota Surakarta, Rheo Fernandez, di Pilwalkot Surakarta. Rheo menegaskan tiga kali menolak dicalonkan menjadi anggota DPRD Surakarta.

"Silakan berguru kepada Pak Rudy, di mana anak-anaknya tidak berpolitik, tidak nyaleg saat orang tuanya masih menjabat," kata Farid, salah satu pendukung Achmad Purnomo, saat dihubungi detikcom, Selasa (15/10/2019).

Dia pun menilai Gibran tidak beretika jika tetap maju saat Jokowi masih menjabat presiden. Apalagi Gibran maju di Solo, daerah asal Jokowi.



"Menurut saya pribadi, itu tidak beretika. Kalau di luar Solo, mungkin berbeda, tapi ini di Solo, tempat asal Jokowi," ujar dia.

Farid khawatir, jika putra Presiden Joko Widodo itu terpilih, akan muncul banyak kegaduhan yang terjadi di Solo. Akan banyak masalah nasional yang dibawa-bawa pihak tertentu ke Solo.

"Kalau ini Gibran menjadi Wali Kota Solo, yang notabene anak presiden, saya memperkirakan kegaduhan politik bisa dibawa oleh pihak-pihak yang tidak suka Pak Jokowi ke Solo. Jadi mencari pemantik bukan di Jakarta, tapi di Solo," katanya.

Banyaknya kegaduhan yang muncul kemudian dikhawatirkan akan mengganggu kenyamanan masyarakat. Lebih jauh, hal tersebut bisa menghambat kemajuan kota.



"Akan banyak kelompok yang menggunakan keterkaitan itu untuk membuat kegaduhan, dengan label politik atau agama yang akhirnya membuat tidak nyaman. Kalau mereka demo jalan, macet, banyak berita hoaks dari Solo, seolah-olah Solo itu ribut, jadi menghambat kemajuan," ujarnya.


Simak juga video "Bakal Nyalon Wali Kota Solo, Gibran Titipkan Bisnis ke Kaesang" :

[Gambas:Video 20detik]


(bai/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com