detikNews
Senin 14 Oktober 2019, 20:04 WIB

Gempa yang Guncang Cilacap Terasa Hingga Bantul

Pradito Rida Pertana - detikNews
Gempa yang Guncang Cilacap Terasa Hingga Bantul Foto: Dok. Stasiun Geofisika BMKG Yogyakarta
Bantul - Getaran gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cilacap terasa hingga Kabupaten Bantul. BMKG menyebut gempa bumi dengan magnitudo 5.0 ini tidak memicu tsunami.

Kinaran (12), warga Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul mengaku sempat merasakan getaran saat berada di dalam rumah. Getaran tersebut ia rasakan sekitar jam setengah 7 malam.

"Grek, gitu tadi, cuma sebentar terus saya langsung keluar dari dalam rumah," katanya kepada detikcom, Senin (14/10/2019).

Menurut Kinaran, getaran tersebut hanya berlangsung beberapa detik saja. Selain itu, saat ini ia sudah kembali masuk ke dalam rumah.

Sementara itu, Kepala Stasiun BMKG Yogyakarta, Agus Riyanto menjelaskan bahwa gempa tersebut adalah gempa tektonik yang terjadi pukul 18.34 WIB di wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa. Episenter gempa bumi sendiri terletak pada koordinat 8.38 LS dan 109.30 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 79 km arah Tenggara Kota Cilacap, Jawa Tengah pada kedalaman 75 km.

Menurutnya, hasil analisis BMKG, menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter awal M=5,0, kemudian dimutakhirkan menjadi M=4,8.

"Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Bantul, Kulonprogo, Kota Yogyakarta, Purworejo, Cilacap dan Kebumen II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," ujar Agus dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/10/2019).

Selain itu, gasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Karena itu, ia menyebut gempa bumi yang terjadi tidak memicu tsunami dan masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Agus.


Simak juga video " Vlog Lucu Bocah SMP 'Gempa Berpotensi Libur' " :

[Gambas:Video 20detik]


(bgk/bgk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com