detikNews
2019/10/14 13:17:15 WIB

Setelah 2 Bulan Lebih, Pintu Air Waduk Kedungombo Akan Dibuka Besok

Wikha Setiawan - detikNews
Halaman 1 dari 1
Setelah 2 Bulan Lebih, Pintu Air Waduk Kedungombo Akan Dibuka Besok Sungai di Demak yang mengering. Foto: Wikha Setiawan/detikcom
Demak - Setelah lebih dari dua bulan ditutup, pintu air Waduk Kedungombo akan dibuka besok. Aliran air dari waduk ini akan mengakhiri penantian panjang petani di sejumlah daerah, salah satunya Demak.

"Mengingat keterbatasan air di Waduk Kedungombo dan perbaikan saluran dilaksanakan penutupan pintu. Pintu air rencana akan dibuka tanggal 15 Oktober 2019. Penutupan sejak 1 Juli 2019," ujar Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, Heri Wuryanto melalui pesan singkat kepada detikcom, Senin (14/10/2019).


Meski dibuka besok, Heri memperkirakan aliran air akan sampai ke wilayah Demak pada Bulan November 2019.

"Selain itu sebagian lahan di Demak selama ini mengandalkan air hujan untuk pertanian seperti di Mranggen, Guntur, Sayung dan Karangawen," tandasnya.

Diwawancara terpisah, Sekretaris Desa Bakung Kecamatan Mijen, Bambang S menjelaskan bahwa warganya yang mayoritas petani bekerja serabutan selama lahan pertaniannya kekeringan.


"Terakhir itu panen padi sekitar empat-tiga bulan lalu. Ya karena belum bisa tanam lagi mereka menganggur, ada yang kerja serabutan, ada juga yang masih bisa menikmati hasil panennya itu," imbuhnya.

Salah seorang petani Desa Geneng Kecamatan Mijen, Sunoto menambahkan bahwa kini dia masih menanti aliran air dari Waduk Kedungombo.

"Biasanya kalau musim kemarau atau Kedungombo ditutup, kita juga tidak bisa menanam. Ya, ini tetap harus menunggu sampai dibuka," terangnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com