detikNews
2019/10/13 20:25:32 WIB

Air Surut, Batuan Sungai Dipahat Jadi Patung

Imam Suripto - detikNews
Halaman 1 dari 2
Air Surut, Batuan Sungai Dipahat Jadi Patung Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes - Seorang warga Desa Rengaspendawa, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, memanfaatkan momen musim kemarau dengan membuat karya seni pahat dari batu-batuan yang ada didasar sungai. Batu-batu besar yang muncul saat air surut, dipahat menjadi karya seni patung.

Adalah Komarudin (39) warga Desa Rengaspendawa yang memanfaafkan musim kemarau untuk mengekspresikan jiwa seninya. Dia membuat patung dari batu-batuan sungai yang muncul saat air sungai surut.

Lokasi yang dipilih adalah dibawah jembatan Sungai Pemali Desa Rengaspendawa. Saat air sungai surut akibat kemarau, di bawah jembatan ini banyak ditemui batu-batuan dasar sungai. Ukurannya pun bervariasi mulai dari batu kecil sampai yang berukuran besar.
Karya seni pahat di sungaiKarya seni pahat di sungai Foto: Imam Suripto/detikcom

Awalnya, Komarudin hanya iseng untuk mengubah bentuk batu-batuan besar di dasar sungai ini. Peralatan yang digunakan juga sederhana, hanya pahat dan palu.

"Semula hanya iseng saja. Pas kumpul temen-temen, akhirnya punya ide mengukit batu batu ini," kata Komarudin, Minggu (13/10/2019).
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com