detikNews
2019/10/11 20:39:02 WIB

Melihat Car Free Night Pertama di Kota Lama Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Halaman 1 dari 1
Melihat Car Free Night Pertama di Kota Lama Semarang Suasana uji coba Car Free Night di kawasan Kota Lama Semarang, Jumat (11/10/2019). Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang -
Ada yang berbeda dengan suasana Kota Lama Semarang malam ini. Tidak ada kendaraan bermotor lalu-lalang di Jalan Letjen Suprapto hingga Jembatan Mberok.

Car Free Night (CFN) memang sedang diuji coba mulai malam ini di jalur yang merupakan akses wisata utama di Kota Lama itu. Hasilnya terlihat wisatawan tidak ragu untuk berfoto di tengah jalan dengan latar bangunan tua atau lampu-lampu jalan.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan wakilnya Hevearita Gunaryanti Rahayu memantau jalannya uji coba CFN dengan menggunakan sepeda. Hendrar mengaku terkejut dengan perubahan suasana terutama udara yang bebas polusi.

"Saya melihatnya kaget ya, begitu tidak ada kendaraan bermotor situasi makin gemebyar dan cantik. Udara jadi bebas polusi," kata pria yang akrab disapa Hendi itu, Jumat (11/10/2019).


Hendi menjelaskan, evaluasi akan terus dilakukan agar tidak merugikan masyarakat. Ia juga sudah bertemu dengan beberapa pengusaha yang terdampak seperti kafe dan restoran.

"Sempat ketemu pemilik restoran, katanya hari pertama ini sepi, separo dari biasanya. Ya akan evaluasi dan koreksi. Mudah-mudahan hanya karena baru pertama ini. Maksimal sebulan adaptasi selesai," jelasnya.

Dalam pelaksanaan CFN ini, ada kantong parkir yang disiapkan antara lain di Jalan Mpu Tantular, eks kantor PTPN IX Semarang, sebelah utara Dream Museum Zone (DMZ), depan Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) Surat Izin Mengemudi (SIM) Polrestabes Semarang, Jalan Sendowo dan samping gedung Marabunta.

Melihat Car Free Night Pertama di Kota Lama SemarangSuasana uji coba Car Free Night di kawasan Kota Lama Semarang, Jumat (11/10/2019). Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom

Hendi menjelaskan pihaknya menyiapkan mobil golf untuk mengantar pengunjung dari tempat parkir ke pusat Kota Lama. Menurutnya untuk hari pertama ini keberadaan mobil golf harus dievaluasi karena baru 2 unit yang beroperasi.

"Akan upayakan lebih baik lagi golfcar-nya agar yang sepuh-sepuh bisa dilayani dengan baik," ujarnya.


Politisi PDIP itu juga berharap uji coba berjalan baik sehingga bisa dilaksanakan di malam hari saat liburan dan weekend. Bahkan jika lancar dimungkinkan diberlakukan 24 jam mulai Januari 2020.

"Januari target bisa siang malam 24 jam," tegasnya.

Uji coba dalam bulan ini akan dilakukan setiap hari Jumat malam dan Sabtu malam. Hendi optimis CFN Kota Lama Semarang akan berhasil.

(alg/rih)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com