detikNews
2019/10/11 13:24:34 WIB

Bupati Pekalongan Janji Tutup Pabrik Jeans yang Cemari Sungai

Robby Bernardi - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bupati Pekalongan Janji Tutup Pabrik Jeans yang Cemari Sungai Warga menuntut Bupati Pekalongan menutup pabrik celana jeans yang membuang limbah ke sungai, Jumat (11/10/2019). Foto: Robby Bernardi/detikcom
Pekalongan - Warga Desa Pegaden, Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan, melakukan aksi turun ke jalan. Warga meminta agar Bupati Pekalongan Asip Kholbihi bertindak tegas pada pabrik celana jeans yang membuang limbahnya ke sungai.

Pantauan di lapangan, warga desa ini awalnya melakukan aksi di depan rumah dinas Bupati Pekalongan. Karena tidak ditemui bupati, warga kemudian melanjutkan aksi di depan kantor DPRD dan Setda Kabupaten Pekalongan sekitar pukul 10.00 WIB.

"Warga menuntut tindakan tegas dari bupati terhadap industri jeans di Desa Pegaden Tengah, yang mana mereka membuang limbahnya ke sungai sudah belasan tahun," kata warga Desa Pegaden Tengah, Ahmad Rodi pada detikcom di sela aksi, Jumat (11/10/2019).


Ahmad menyebut setidaknya terdapat tujuh industri jeans di desanya yang tidak memiliki izin dan selalu membuang limbahnya ke sungai.

"Ini terjadi sudah lama dan ada pembiaran dari pihak pemerintah. Baunya kurang sedap dan membuat sungai kotor," jelasnya.

Selain itu menurutnya, pemerintah melalui Satpol PP sedianya pernah menutup pabrik-pabrik tersebut. Namun entah kenapa oleh petugas dibuka lagi.

"Dulu pernah ditutup. Tidak lama dibuka lagi oleh Satpol PP. Pencemaran ini juga mengakibatkan air sumur berbau," katanya.

Bupati Pekalongan Tutup Pabrik Jeans yang Buang Limbah ke Sungai Foto: Robby Bernardi/detikcom

Jika tuntutan tak dipenuhi, warga mengancam akan melakukan aksi yang lebih besar dan mendirikan tenda di depan kantor bupati.

"Kita akan bertahan di sini dan mendatangkan banyak warga lagi bila bupati tidak turun menemui warga," ujarnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com