detikNews
Jumat 11 Oktober 2019, 12:38 WIB

Begini Jadinya Saat Tugu Muda Semarang Kehilangan Bayang-bayangnya

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Begini Jadinya Saat Tugu Muda Semarang Kehilangan Bayang-bayangnya Suasana hari tanpa bayangan di Tugu Muda Semarang. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Matahari berada tegak lurus di atas Kota Semarang siang ini. Fenomena kulminasi utama atau hari tanpa bayangan terjadi, seperti apa?

Pantauan di Tugu Muda Semarang, pukul ini 11.30 WIB, monumen bersejarah itu nampak tidak berbayang di bawahnya. Pun demikian dengan benda-benda terutama tiang dan patok.

Salah seorang pengunjung dari Tegal, Seli mengaku sengaja datang ke Tugu Muda karena ingin membuktikan hari tanpa bayangan di lokasi wisata itu.

"Mumpung di Semarang, ini lihat katanya hari tanpa bayangan," kata Seli sembari memotret Tugu Muda, Jumat (11/10/2019).

Suasana hari tanpa bayangan di Tugu Muda Semarang.Suasana hari tanpa bayangan di Tugu Muda Semarang. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom

Fenomena tanpa bayangan bukan berarti semua benda tidak berbayang. Benda yang menggantung atau bagian atasnya lebih besar daripada bawahnya masih terlihat bayangannya.


Fenomena yang terjadi hari ini menurut BMKG merupakan hal biasa yang terjadi dua kali dalam setahun. Efeknya biasanya suhu udara akan panas. Sedangkan untuk siang ini di Semarang suhu udara berkisar 37 derajat celsius.

"Efeknya biasanya lebih panas karena matahari dekat dengan kita," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Semarang, Iis W Harmoko.
(alg/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com