detikNews
2019/10/09 10:40:46 WIB

Mengintip Meriahnya Tradisi Saparan di Lereng Gunung Andong Magelang

Eko Susanto - detikNews
Halaman 1 dari 2
Mengintip Meriahnya Tradisi Saparan di Lereng Gunung Andong Magelang Tradisi Saparan di Lereng Gunung Andong, Kabupaten Magelang. (Eko Susanto/detikcom)
Kabupaten Magelang - Warga lereng Gunung Andong, Kabupaten Magelang, ramai-ramai menggelar Kirab Tumpeng Jongko dan Ingkung Sewu hari ini. Tradisi ini turun-temurun dilaksanakan pada Rabu Pahing Bulan Sapar.

Pantauan detikcom, Kamis (9/10/2019), warga mengarak Tumpeng Jongko setinggi 80 cm yang terbuat dari bahan nasi, gunung sayuran, dan buah. Kirab dimulai dari musala sampai rumah Kepala Dusun Mantran Wetan, Handoko, yang berjarak sekitar 400 meter.

Kemudian, warga berdoa bersama dipimpin oleh Kiai Achmad Tohir di rumah Kadus. Setiap keluarga juga membawa ingkung ayam kampung dalam acara ini. Setelah berdoa bersama, warga lalu membawa ingkungnya pulang ke rumah masing-masing.

Tradisi Saparan di Lereng Gunung Andong, Kabupaten Magelang. Tradisi Saparan di Lereng Gunung Andong, Kabupaten Magelang. (Eko Susanto/detikcom)

"Sebelum dilakukan kirab Tumpeng Jongko dan Ingkung Sewu ini, kemarin dilakukan pemotongan ayam untuk ingkung di rumah Pak Kadus secara massal. Ada 200 ayam, yang menyembelih Pak Kaum untuk ingkung kirab. Terus masing-masing rumah juga menyembelih sendiri-sendiri," kata Supadi Haryanto, tokoh masyarakat Dusun Mantran Wetan, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, kepada wartawan di sela acara kirab.


Dia menjelaskan ada 200 ingkung yang diarak warga. Sedangkan jika ditambah ingkung yang disiapkan tiap keluarga, jumlahnya bisa lebih dari 1.000 ingkung.

"Untuk kenduri tiap keluarga bawa ingkung satu, tapi di rumah masih ada paling tidak 5, 6, sampai 7 ingkung pelaksanaan tradisi Saparan," jelasnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com